Sleman Gelar Lomba Macapat Antar Kecamatan





sembada.id – Pemkab Sleman menggelar lomba macapat bantar kecamatan di pendopo rumah dinas bupati setempat, Rabu (8/11/2017).  Sebanyak 68 peserta, yang berasal dari 17 kecamatan se Sleman, terdiri dari 34 laki-laki dan 34 perempuan mengikuti kegiatan itu.

Para peserta selain harus melantunkan tembang wajib juga tembang pilihan. Sekar Sinom Grandhel  Pelog Barong menjadi tembang wajib. Untuk tembang pilihan  yaitu Sekar Dhandhanggula Rancasih Slendro Manyuro dan Sekar Dhurma Dhendharangsang Slendro Manyuro. 

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan lomba ini bukan hanya menjadi wadah bagi para seniman dalam berekspresi dan berkreasi dalam mengembangkan seni macapat. Namun juga komitmen pemerintah dalam melestarikan budaya Jawa yang memiliki nilai-nilai budi pekerti tinggi.

“Dengan upaya tersebut diharapkan seni tradisional macapat ini menjadi seni budaya yang semakin mendarah-daging di masyarakat dan mampu mewujudkan internalisasi nilai-nilai luhur yang terkandung didalamnya,“ kata Sri Purnomo dalam sambutan tertulis yang dibacakan Staf Ahli bupati Bidang Pemerintahan dan Hukum, Musta'in Aminun.

Menurut Sri Purnomo karena  kegiatan ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman terhadap budaya lokal. Untuk itu, harus diagendakan rutin. Apalagi lomba tersebut merupakan puncak pembinaan seni tradisional dari tingkat bawah. Sehingga seni budaya yang telah di kenal masyarakat tidak punah

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman HY. Aji Wulantara  menambahkan selain untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap karya sastra terutama macapat. Kegiatan itu juga sebagai sarana untuk melestarikan dan mengembangkan macapat di Sleman. (sbd)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sleman Gelar Lomba Macapat Antar Kecamatan"

Posting Komentar