Sleman Luncurkan Layanan Aplikasi Sitaru





sembada.id – PemkabSleman terus melakukan inovasi dalam meningkatkan kinerja dan layanan kepada masyarakat. Kali ini dalam bidang tata ruang dengan layanan aplikasi . Yaitu sistem informasi tata ruang (Sitaru).  Selain mendukung operasi dan manajemen tata ruang daerah.  Juga tersedianya mekanisme penyediaan dan akses informasi tata ruang berbasis informasi.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan dengan aplikasi ini, selain bentuk e-goverment  dalam mendukung kabupaten cerdas (smart regency), juga komitmen pemkab dalam meningkatkan tata kelola pemerintahan. Sehingga diharapkan mampu mengurangi gap antara rencana tata ruang dan kondisi eksisting pemanfaatan ruang di wilayah Sleman.  

“Sitaru bykan hanya memberikan informasi, namun  juga mempunyai fungsi pengendalian pemanfaatan ruang di wilayah, serta mampu mendorong kesadaran masyarakat akan pemanfaatan ruang yang berkesinambungan,” kata Sri Purnomo dalam sambutannya saat sosialisasi Staru di Bappeda Sleman, Rabu (1/11/2017).

Sitaru sendiri, bukan haya baik dalam tampilan, tetapi juga ramah di setiap fungsi dan menunya. Terutama untuk menjawab kebutuhan masyarakat. Dimana konten dan fiturnya  dibangun dengan menitik beratkan pada pendekatan citizen centric.

Kepala dinas pertanahan dan tata ruang (Dispetaru) Sleman Muh Sugandi menambahkan selain dapat memudahkan masyarakat dalam mencari informasi tata ruang untuk penelitian, perizinan, atau investasi. Sitaru juga dapat memperluas jangkauan informasi publik di bidang penataan ruang serta meningkatkan akuntabilitas dan transparasi.

 ”Dimana dengan sistem ini masyarakat dapat melakukan pengawasan terhadap kegiatan pemanfaatan tata ruang,” tambah Muh Sugandi yang akrab disapa Gandi itu. (sbd)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sleman Luncurkan Layanan Aplikasi Sitaru"

Posting Komentar