Sleman Siapkan Desa Jadi Model Implementasi Nilai Pancasla



sembada.id  –  Nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bernegara semakin ditinggalkan. Bahkan etika bernegara yang tercermin dalam nilai-nilai Pancasila sering diabaikan. Para penyelenggara negara dalam mengelola pemerintahan dinilai masih jauh dari nilai dan prinsip bernegara.  Mengantisipasi hal tersebut, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sleman mengadakan seminar Kajian Desa Berkarakter Pancasila bagi perangkat desa dan kecamatan serta elemen lainnya se Sleman  di aula lantai III Pemkab setempat, Senin (20/11/2017).

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan nilai-nilai Pancasila sangat dibutuhkan sebagai dasar falsafah hidup masyarakat khususnya masyarakat Sleman. Pemerintah desa merupakan bagian dari sistem pemerintahan yang strategis karena selain mempunyai otonomi juga memiliki tugas yang sangat penting yaitu sebagai ujung tombak pemerintahan paling bawah.

“Karena itu sangat tepat jika role model implementasi dan pelembagaan nilai-nilai Pancasila dalam upaya membangun karakter bangsa dimulai dari pembentukan Desa Berkarakter Pancasila,” kata Sri Purnomo dalam sambutan pembukaan seminar tersebut.

Untuk itu, melalui kegiatan ini diharpkan desa nanti mampu mereproduksi perilaku yang mencerminkan pelaksanaan nilai-nilai Pancasila sekaligus dapat menjadi contoh serta menjadi media menginkubasi perilaku personal dan institusional lain.

“Dan yang lebih penting lagi dapat mengimplementasikan dalam kehidupan di desa,” harapnya.

Plt. Kepala Badan Kesbangpol  Sleman, Joko Supriyanto mengatakan  kegiatan ini bukan hanya sebagai sarana untuk menyampaikan gagasan dan memperoleh masukan nilai-nilai Pancasila bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dilevel desa. Namun juga diharapkan dapat menghasilkan naskah kajian desa berkarakter Pancasila

“Hal itu nantinya akan menjadi pedoman untuk menghasilkan desa percontohan dalam pengamalan nilai-nilai pancasila bagi kehidupan  bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dilevel desa,” terangnya. (wpr)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sleman Siapkan Desa Jadi Model Implementasi Nilai Pancasla"

Posting Komentar