Sleman Terpilih Jadi Daerah Menuju Smart City



sembada.id  – Keinginan Sleman menjadi  smart regency  mendekati kenyataan.  Kepastian ini, setelah  Sleman terpilih menjadi 24 kabupaten dan kota di Indonesia yang berhasil menyusun tahap pertama masterplan  Gerakan Menuju 100 Smart City.  Yaitu pengembangan smart city yang berisi berbagai program sampai 10 tahun ke depan dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi.

Sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat memberikan penghargaan kepada Sleman saat penutupan tahap pertama gerakan menuju 100 smart city, di Hotel Santika, Jakarta, Rabu (15/11) malam.

Gerakan Menuju 100 Smart City  merupakan program yang diinisiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Bappenas, dan Kantor Staf Kepresidenan kepada kabupaten dan kota  dalam menyusun smart city masterplan guna lebih maksimal dalam memanfaatkan teknologi baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun dalam mengakselerasi potensi yang ada di masing-masing daerah.

Ada bebeberapa parameter  sebagai penilaian  Gerakan Menuju 100 Smart City,  di antaranya Kemampuan Keuangan Daerah (KKD). Daftar Kota da Kabupaten Berkinerja Tinggi, Indeks Kota Berkelanjutan, Indeks Kota Hijau, Dimensi Pembangunan Sektor Unggulan, Dimensi Pembangunan Pemerataan dan Kewilayahan, serta Nawa Cita agar program ini merata di seluruh Indonesia.

Sri Purnomo mengatakan penghargaan ini, selain menunjukkan komitmen Sleman mewujudkan smart regency, tetapi juga tantangan dalam memberikan pelayanan yang lebih baik lagi. Sehingga perlu konsistensi dalam mengawal program yang sudah tersusun maupun menambah program baru.

“Sebagai tindaklanjutnya masterplan pengembangan smart city ini akan ditetapkan dalam peraturan bupati,” kata Sri Purnomo

Sri Purnomo menjelaskan untuk mendukung program smart city, juga mengembangkan program  quickwin. Yaitu  sebagai gambaran bagi masyarakat mengenai efektivitas program smart city.  Untuk quick win,  sudah ada lima program, yakni Satu Data UMKM, Smart Room, Lapor Sleman, Rumah Kreatif Sleman dan Sleman Creative Space.

“Kami juga mendorong, setiap OPD membuat program inovasi untuk mendukung smart city di instansinya. Yaitu layanan kepada masyarakat yang  inovatif, cepat, terukur dan mudah,” terangnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sleman Intriati Yudatiningsih menambahkan selain  sudah dituangkan dalam peraturan daerah (perda) rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Sleman 2016-2021.   Untuk  mewujudkan Sleman menuju smart regency  ini juga terus membuat inovasi pelayanan  dengan memanfaatkan teknologi  dii setiap instansi yang ada.. (wpr) 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sleman Terpilih Jadi Daerah Menuju Smart City"

Posting Komentar