Tahun 2018 DPRD Sleman Bahas 15 Raperda



sembada.id – DPRD dan Pemkab Sleman sepakat akan membahas 15 rancangan peraturan daerah (Raperda) pada tahun 2018 mendatang. Kepastian ini setelah dalam rapat paripurna, 30 Oktober lalu tetang program pembentukan peraturan daerah (propemperda) menetapkan 15 Raperda tersebut.  Terdiri dari 12 Raperda non APBD dan tiga raperda APBD.

Wakil Ketua DPRD Sleman Inoki Azmi Purnomo mengatakan  penetapan 15 propemperda 2018 tersebut sudah melalui kajian dan diskusi.  Diharapkan propemperda tersebut nantinya dapat dibahas dengan cermat dan diselesaikan seluruhnya.

“Tentu kita berharap, perda yang di hasilkan nantinya adalah perda yg aspiratif dan terbaik dalam implementasinya,” kata Inoki di ruang kerjanya, Kamis (9/11/2017).

Inoki menjelaskan dalam melakukan pembahasan, akan melibatkan semua stakeholder, di antaranya dengan menjaring lebih banyak masukan dari masyarakat terhadap Raperda yang dibahas.  Untuk kepentingan itu, akan mengagendakan rapat dengar pendapat umum (RDPU). Dimana melalui kegiatan RDPU  tersebut masyarakat dapat menyampaikan gagasan dan masukan guna penyempurnaan raperda.

“Untuk RDPU tahun 2018  ini diagendakan sebanyak 6 kali,” terangnya.

Inoki menambahkan dari 12 Raperda non APBD, empat di antaranya merupakan inisiasi Dewan. Yaitu tatacara pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa, ketahan keluarga, pengelolaan pemotongan hewan dan peredaran daging, dan pengelolaan pariwisata.  


“Meskipun begitu, 15 propemperda 2018  tersebut merupakan raperda prioritas untuk di bahas dan ditetapkan sebagai perda karena adanya perintah peraturan diatasnya dan atau  guna menjawab permasalahan dengan memberikan payung hukum,” ungkap politisi PAN itu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tahun 2018 DPRD Sleman Bahas 15 Raperda"

Posting Komentar