Bupati Sleman Resmikan Laboratorium Pasca Panen UGM

  

sembada.id  – Bupati Sleman Sri Purnomo meresmikan laboratorium pasca panen Universitas Gadjah Mada (UGM) di  Kawasan Agro Science Techno Park Pusat Inovasi Agroteknologi (PIAT) UGM, Madurejo, Prambanan, Senin (18/12/2017).

Selain  untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran bidang peternakan. Laboratorium itu juga akan menjadi model kolaborasi antara dunia akademis, pemerintah dan pengusaha. Terutama meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan adanya laboratorium ini bukan hanya akan  mengurangi disparitas antara materi di kelas dengan realita dan tuntutan kerja di dunia industri. Namun lebih dari itu juga dapat mendorong munculnya jiwa-jiwa wirausaha muda. Sehingga setelah lulus mahasiswa itu tidak perlu mencari pekerjaaan, tetapi sebaliknya bisa membuka lapanga kerja.

“Karena itu, keberadaan laboroatorium ini juga akan memberikan dapat positif kepada masyarakat yang ada di sekitarnya,” kata Sri Purnomo.

Menurut Sri Purnomo hal yang bisa dilakukan, yaitu pemberdayaan masyarakat. Terutama dalam memanfaatkan keberadaan  laboratorium tersebut, di antaranya sampah yang selama ini menjadi limbah, bisa dibuat menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis. Sehingga muaranya dapat memberikan  nilai tambah yang bagus.

Rektor UGM, Panut Mulyono mengatakan bahwa paradigma universitas selalu mengalami perkembangan. Menurutnya universitas dahulu merupakan agent of education, yang memproduksi menusia terdidik dan unggul. Kemudian bergeser kepada research university, yaitu penelitian yang menjadi fokus untuk menunjang kegiatan pembelajaran

"Sekarang pemerintah  mengharapkan universitas bisa menjadi agent of innovation, yang menghasilkan karya-karya nyata. Sehingga universitas bisa berkontribusi secara langsung kepada penggairahan iklim ekonomi di negara ini,” terang Panut. (wpr)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bupati Sleman Resmikan Laboratorium Pasca Panen UGM"

Posting Komentar