Burung Di Sleman Mulai Langka




sembada.id – Keberadaan burung di alam bebas wilayah Sleman terancam punah. Indikasinya burung-burung tersebut sekarang mulai langka, bahkan jarang dijumpai di alam bebas. Termasuk burung punglor (anir merah) yang merupakan satwa khas Sleman. Atas kondisi tersebut, pemkab terus berupaya mencari langkah untuk melestarikan keberadaan burung, maupun satwa pada umumnya termasuk puspa atau tanaman.

“Saya mengajak masyarakat Sleman untuk ikut berperan serta menjaga kelestarian satwa dan puspa di wilayahnya,” kata bupati Slema Sri Purnomo saat peringatan hari cinta puspa dan satwa nasional (HCPSN) tingkat DIY yang dipusatkan di Agro Wisata Bhumi Merapi Pakem, Minggu (3/12/2017).

Sri Purnomo menjelaskan karena keberadaan puspa dan satwa tersebut penting,  terutama dalam menjaga ekosistem, untuk itu agar keberadaannya tidak punah, maka harus terus dijaga dan dipertahankan keberadaanya. Di antaranya tidak memburu dan mengambil puspa dan satwa tersebut. Apalagi puspa dan satwa di  alam itu merupakan daya dukung lingkungan yang menjadi modal pembangunan

“HCPSN ini diharapkan dapat menjadi momen  dalam membangun kesadaran serta membentuk kecintaan terhadap puspa dan satwa agar keanekaragaman hayati tetap lestari,” harapnya.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengatakan selain untuk meningkatkan kepedulian, perlindungan, pelestarian puspa dan satwa nasional, peringatan HCPSN ini juga untuk menumbuhkan dan mengingatkan akan pentingya puspa dan satwa dalam kehidupan. Karena itu perlu dijaga dan dilestarikan keberadaanya.

“Ini yang harus menjdi perhatian bersama,” kata Sultan dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemda DIY Sigit Sapto Raharjo.

Selain upacara, HCPSN tingkat DIY tersebut juga diisi dengan  pameran satwa, seperti Ayam Kalkun, Ayam Pelung, dan beberapa burung, penanam pohon serta kontes burung berkicau piala  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLH).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Burung Di Sleman Mulai Langka"

Posting Komentar