Jelang Natal Harga Kebutuhan Pokok Di Sleman Masih Stabil


sembada.id  – Harga kebutuhan pokok di Sleman menjelang Natal 2017 dan tahun baru 2018 masih stabil. Satu di antaranya seperti yang ada di pasar tradisional Godean.  Hal tersebut diketahui saat tim pengendali inflasi DIY bersama bagian perekonomian pemkab Sleman melakukan pantau
harga di pasar tersebut, Kamis (14/12/2017).

Kepala Bagian Analisa Kebijakan Produktifitas Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam Pemda  DIY Deden Rohana Wati mengatakan dari hasil pantauan untuk harga masih stabil. Jika ada kenaikan masih dalam taraf wajar.

“Untuk komoditsi yang naik baru telur dan bayam,” kata Nurhadiyati  di sela-sela pemantaun harga tersebut.

Untuk telur, harganya naik dari Rp 22.000 menjadi Rp 24.000 per kilogram. Sedangkan jenis sayuran, yang naik cukup tajam adalah bayam dari semula Rp 2.000 per ikat, dalam sepekan terakhir menjadi Rp 5.000 per ikat.

“Kenaikan harga ini dimungkinkan karena pengaruh cuaca sehingga produksi berkurang,” paparnya.

Sementara itu, komoditi lain seperti cabe hijau, cabe merah keriting, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, brokoli, kobis, beras,daging sapi dan ayan terpantau stabil.  Untuk cabe, harga di pasar Godean tercatat kisaran Rp 18.000-Rp 30.000/kg, bawang merah Rp 20.000/kg, bawang putih Rp 22.000/kg, brokoli Rp 25.000/kg, dan kobis Rp6.000/kg.

Harga  beras juga terpantau relatif sama. Jenis C4 di kisaran Rp10.000/kg, dan mentik wangi Rp 11.500/kg. Harga daging sapi juga masih tetap yakni Rp 120.000/kg, dan daging ayam di kisaran Rp 30.000-Rp 32.000/kg.

“Harga-harga tersebut sama dengan harga minggu lalu,” terangnya.

Kabag perekonomian Pemkab Sleman Emmy Retnosasi mengatakan selain sebagai kegiatan rutin, pantauan ini juga untuk mengetahui secara langsung bagaimana harga barang-barang komoditas menjelang  hari raya dan tahun baru di pasar tradisional. Sebab biasaya saat seperti ini harga-harga mengalami kenaikan.  Sehingga sebagai tim pengendali inflasi harus mengetahui secara langsung di lapangan.

“Kami perkirakan  harga-harga baru akan naik  saat mendekati hari Natal. Namun untuk stok sembako sendiri di Sleman tetap aman dan terkendali,” ungkap Emmy.

Selain memantau harga, dalam kesempatan itu, juga memeriksa beberapa sampel makanan yang beredar di pasar tradisional. Hasil dari pemeriksaan ternyata masih ditemukan beberapa makanan yang mengunakan bahan berbahaya, seperti bahan pengawet dan pewarna. Seperti krupuk. (wpr) 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jelang Natal Harga Kebutuhan Pokok Di Sleman Masih Stabil"

Posting Komentar