Komisi IX DPR Cari Masukan Penangganan Kesehatan Jiwa ke Sleman


sembada.id  –Komisi IX mendatangi pemkab Sleman, Kamis (14/12/2017).  Kedatangnya untuk mengetahui bagaimana Sleman dalam menanggani kesehatan, khususnya gangguan jiwa atau disabilitas psikososial. Ketua komisi IX DRD Ermaliena memimpin rombongan tersebut. Mereka diterima bupati Sleman Sri Purnomo di aula lantai III pemkab setempat.

Ketua komisi X DPR Ermaliana menjelaskan secara prevelansi gangguan jiwa di Indonesia masih cukup tinggi, yaitu, 1,7%.  Kondisi ini sangat memprihatinkan. Karena itu harus segera ada solusi, khususnya langkah dan upaya dalam penangganan masalah tersebut.  Sehingga jumlah
gangguan jiwa dapat ditekan.

“Hasil dari kunjugan ini, nantinya akan menjadi masukan sebagai bahan proses legislagi dan perumusan kebijakan dalam penangganan masalah kesehatan gangguan jiwa dan kesehatan lainnya,” kata Ermaliana menjelaskan soal kunjungan Komisi IX DPR ke Sleman tersebut.

Untuk itulah, instansi terkait diminta memberikan penjelasan, tentang realisasi program dan anggaran yang dibiayai pemerintah. Dimana dari keterangan tersebut, bukan hanya untuk mengetahui upaya dan langkah pemkab Sleman dalam penangganan kesehatan.

“Kunjungan ini, sekaligus  bentuk monitoring terhadap pelaksanaa program-program di daerah,” paparnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman, Nurulhayah mengatakan erus melakukan berbagai langkah guna  menekan dan mengatasi masalah penyandang gangguan jiwa .  Langkah itu baik melalui  pendampingan maupun denganpendidikan keluarga dan masyarakat.  Diharapkan dengan langkah ini dapat menekan bahkan tidak ada lagi  pemasungang bagi penyandang gangguan jiwa di Sleman.

“Sekarang tinggal satu penyandang gangguan jiwa yang masih dipasung,” katanya. (wpr)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Komisi IX DPR Cari Masukan Penangganan Kesehatan Jiwa ke Sleman"

Posting Komentar