KUBE Sejahtera Sleman Juara Pertama Nasional KUBE




sembada.id –Kelompok usaha bersama (KUBE) Sejahtera, Nambongan, Caturharjo, Sleman berhasil menjadi juara 1 dalam evaluasi KUBE berprestasi  2017, yang berlangsung di Bogor, 27-29 November 2017 lalu.

KUBE Sejahtera sukses  memenangkan kegiatan tersebut, dengan mengusung usaha mereka di bidang konveksi.  Predikat juara pertama didapatkan usai menyisihkan  33 tim lain yang berasal dari perwakilan propinsi se Indonesia. 

Selain itu pendamping KUBE Sejahtera Puji Lestari, juga dinyatakan sebagai juara pertama kategori pendamping.

 “Bangga tentunya dapat mengharumkan nama Sleman dan DIY  tingkat nasional,” kata ketua KUBE Sejahtera, Ahmad Ngirfatul Wakhit soal keberhasilan KUBE tersebut di kantor Dinas Sosial (Dinsos) Sleman, Selasa (5/12/2017).

Wakhit  menyampaikan dalam kompetisi tersebut seluruh peserta bukan hanya diminta untuk mempresentasikan usahanya, namun juga dilihat apakah kegiatan KUBE itu mash ada dan berkelanjutan.

“Untuk masalah ini kami sampai sekarang masih aktif, bahkan produk kami, yaitu hijab tembus sampai Malaysia dan Singapura,” terangnya.


KUBE Sejahtera sendiri, berdiri tahun 2014 dengan anggota 10 orang  warga dusun setempat. Mereka semua keluarga miskin dengan usaha jahit, yaitu sprei dan hijab serta sablon untuk sprei mampu  memproduksi 40 buah perhari, sedangkan hijab 300 hijab perminggu. Perbulan omzet yang didapat KUBE Sejahtera  rata-rata Rp 9 juta perbulan

“Selain pemasaran langsung kami juga memasarkan produk kami secara online,” ungkapnya.

Kepala Dinsos Sleman Sri Murni Rahayu mengatakan selain bentuk pembinaan, penilaian KUBE ini juga untuk  mengetahui dan mengukur perkembangan KUBE tersebut. Ada tiga aspek untuk evaluasi.  Yakni sosial, ekonomi, dan kelembagaan.  Evaluasi sendiri, dimulai dari sosialisasi, pendaftaran, penilaian administrasi, dan diakhiri kunjungan lapangan.


“Kegiatan ini juga untuk memberikan motivasi bagi KUBE-KUBE lainnya. Sebab bagi yang berprestasi selain mendapatkan pengharagaa juga uang pembinaan,” terangnya.(wpr)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KUBE Sejahtera Sleman Juara Pertama Nasional KUBE"

Posting Komentar