Mahasiswa UII Buat Aplikasi Enkripsi Untuk Pengaman Data Digital


sembada.id – Mahasiswa magister teknik infomatika, Fakultas Teknik Industri (FTI) Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta Ady Suprianto berhasil membuat aplikasi enkripsi untuk pengamanan data digital.  Terutama saat proses tranmisi dalam pengiriman informasi. Aplikasi tersebut diberinama File TI Image Encryption (FTIE). 

Ady Suprianto mengatakan adanya perkembangan teknologi infomasi sekarang ini memudahkan dalam berkomunikasi melalui internet.  Hanya saja pengiriman melalui jaringan publik tersebut sangat rentan terhadap pencurian informasi, terutama saat proses tranmisi. Karena  itu perlu aplikasi  yang bisa untuk mengamankan agar tidak timbul kerugian bagi pemilik informasi.

“Hal inilah yang mendorong saya untuk merancang aplikasi ini,” kata Ady di kampus setempat, Rabu (6/12/2017).

Ady menjelaskan aplikasi enkripsi dengan FTIE ini  merupakan hasil pengembangan dari text to imange encryption (TTIE) yaitu enkripsi dari sebuah teks ke dalam sebuah gambar  yang dipadukan  algoritma randomized text dan AMC. Pemilihan algoritma sendiri katena memiliki sifat dynamic chiper.  Sehingga setiap  melakukan enkripsi terhadap file, hasilnya selalu berbeda-beda. Walaupun kunci bahkan file yang di enkripsi tetap sama. Sedangkan AMC, bisa melakukan pengacakan terhadap posisi pixel dari sebuah gambar.

“Selain itu algoritma ACM juga merupakan algoritma yang biasa digunakan untuk melakukan enkripsi pada sebuah gambar, yaitu dengan pengacakan terhadap posisi pixel sebuah gambar. Sehingga keamanannya akan lebih baik saat  melakukan tranformasi posisi,” paparnya.

Menurut Ady untuk mengetahui hasil dari aplikasi tersebut juga dengan melakukan analisa, di antaranya  histogram,  NPCR,  bruteforce  dan uji integritas.  Hasilnya untuk histrogram ada kemiripan pola chiperimage, NPCR nilainya hampir mencapai 100%  dan untuk bruteforce
menunjukkan estimasi waktu yang lama.

“Untuk pengujian menunjukkan hasil enkripsi dan diskripsi dapat dipertanggungjawabkan integritasnya,” terangnya.
 .
Dosen Teknik Informatika program pascasarjana  FTI UII Yudi Prayudi menambahkan implementasi taplikasi  FTIE dengan alogaritma Randomized Text dan AMC, selain dalam proses enkripsi dan deskripsi dengan baik. Hasil yang ditunjukkan juga memiliki ketahanan yang kuat. Sehingga
bisa membantu saat pengiriman file melalui jaringan publik akan lebih aman, khususnya dari pencurian data.

“Walaupun belum ada angka pasti berapa kejadian pencurian data di Indonesia, namun saya kira juga sudah cukup banyak. Karena ini aplikasi ini bisa menekan adanya pencurian data," tambahnya. (wpr)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mahasiswa UII Buat Aplikasi Enkripsi Untuk Pengaman Data Digital"

Posting Komentar