Ribuan Peserta Ikuti Nitilaku Dies Natalis UGM 2017

       
sembada.id  – Ribuan peserta yang berasal dari para alumni,  dosen, karyawan dan mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta serta masyarakat umum yang ada di Yogyakarta mengikuti Nitilaku (napak tilas) perguruan tinggi  kebangsaan dalam rangka Dies Natalis UGM ke-68, Minggu (17/12/2017).

Rektor UGM Panut Mulyono  didampingi Gubernur DIY Sri Sultan HB X  dan gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo  serta tiga menteri, yakni Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melepas peserta Nitilaku tersebut.

Para peserta yang mengenakan pakaian  zaman dulu dan adat nusantara tersebut,  berjalan kaki mulai dari pagelaran Kraton Yogyakarta ke arah ruas Jalan Malioboro, Jalan Margo Utomo, Tugu belok ke timur ke arah Jalan Sudirman kemudian belok arah utara ke Jalan C. Simanjuntak, Jalan Persatuan, dan finis di Balairung UGM dan Lapangan Graha Sabha Pramana UGM dengan jarak. 5,7 kilometer.

Sri Sultan HB X mengatakan kegiatan ini bukan hanya sekedar seremonial yang diadakan rutin setiap tahun, namun lebih dari itu, juga untuk mengingatkan kembali para alumni agar tidak melupakan almamater yang telah mendidik dan mengantar menjadi orang. Untuk itu meminta para alumni untuk terus berkiprah memberikan kontibusi dan sumbangsih kepada bangsa dan negara Indonesia.

“Nitilaku  juga untuk mengenang pendirian UGM,” kata Sultan dalam sambutannya.

Hal yang sama diungkapkan  Ketua PP Kagama, Ganjar Pranowo. Menurutnya  nitilaku  merupakan upaya sivitas akademika, alumni, dan masyarakat untuk tidak melupakan awal sejarah berdirinya UGM sekaligus momentum bagi alumni UGM untuk merasakan kembali denyut masa lalu agar bisa menginternalisasikan nilai-nilai itu.

“Ibarat kacang tidak mungkin melupakan kulitnya. Dari kraton Yogyakarta ini, UGM ada dan berdiri dan kini mengenang kembali masa-masa awal berdirinya perguruan kebangsaan,”  paparnya.

Rektor UGM, Panut Mulyono, mengatakan selain dalam rangka menyemarakkan kegiatan Dies Natalis UGM,kegiatan ini  juga untuk mengenang sumbangsih Sri Sultan HB IX, terutama dalam meminjamkan pagelaran  Kraton sebagai tempat perkuliahan. Sehingga meski dengan keterbatasan
 UGM tetap mampu melahirkan tokoh nasional yang hebat.

Koordiantor Nitilaku 2017 Hendrie Adjie Kusworo  menambahkan Nitilaku ini bagian dari peristiwa budaya dan pariwisata. Hal itu ditunjukkan dengan antusiasme para alumni dan keluarga besar UGM serta masyarakat mengikutinya. Termasuk Kraton Yogyakarta turut berpartisipasi dan berkontribusi menyukseskan kegiatan tersebut.


“Jumlah peserta sekitar 7000 orang,” ungkapnya.(wpr)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ribuan Peserta Ikuti Nitilaku Dies Natalis UGM 2017 "

Posting Komentar