Sleman Exotarium, Tawarkan Wisata Edukasi Satwa dan Agropolitan


sembada.id - Sleman di penghujung akhir tahun 2017 menambah destinasi wisata baru. Kali ini wisata edukasi berbasis alam  yang berada di  Jalan Magelang Km 8,  tepatnya di  dusun Karang Geneng, Sendagadi, Mlati, Sleman.  Yaitu  Mini  Zoo  Sleman Exotarium Education Center.  

Sleman Exotarium sendiri menenpati tanah kas desa (TKD) Sedangadi, seluas 9 haktare (Ha) yang berada di lembah dan di teras iring yang terbelah aliran sungai Denggung  dan secara resmi dibuka GKR Hemas, Sabtu (23/12/2017) lalu. 

Meski namanya mini zoo, namun bukan berarti Sleman Exotarium hanya berisikan satwa, namun sesuai dengan visinya yaitu edukasi, maka berbagai wahana yang berhubungan dengan pendidikan juga ada di tempat ini, seperti mina edukasi dan agropilitan, seperti  budidaya perikanan, peternakan  sapi, kambing PE dan kuda serta sayuran organik.  Sehingga bagi yang berkunjung, bukan hanya sekedar melihat satwa tetapi juga akan mendapatkan informasi soal bagaimana tentang beternak dan menanaman sayuran. 

Selain itu juga ada play ground, bumi perkemahan dan outbound training, spot selfy serta resto dan cafe.  Termasuk ada juga kolam renang dan kolam tangkap ikan.

Untuk wahana satwa dan pertanian ada di sisi barat sungai Denggung, untuk play ground, bumi perkemahan, resto dan cafe ada di sisi timur sungai Denggung.

Wahana pertanian berada di lahan teras iring pertama sisi barat sungai Denggung, berbagai sayuran organik di kembangkan di tempat ini. Hanya saja karena masih dalam tahap penataan belum semua wahana pertanian ditanami. 

Sedangkan  wahana satwa ada di atas teras iring wahana pertanian, pertama yaitu satwa rusa di sampingnya, satwa kuda, kemudian,  kelinci, nokturnal (musang, sugar glider), kura-kura, ikan arapaima dan  toman serta  reptil  (biawak, ular putih, phyton dan anaconda). 

“Saat ini dari 9 hektare, baru 4 hektare yang kami manfaatkan, sisanya, 2 haktare untuk bumi perkembangan dan sisanya untuk pengembangan lainnya,” kata manager Sleman Exotarium, W Taruna.

GKR Hemas mengatakan  menyambut baik  adanya Sleman Exotarium  tersebut.  Meskipun begitu, meminta pengelola tidak  hanya berorientasi pada keuntungan materiil, namun juga mengembangbiakan satwa dan tanaman langka.  Sehingga keberadaannya tetap ada dan tidak punah.

“Dengan begitu anak cucu nantinya tetap dapat menyaksikan satwa dan tanaman langka secara nyata di alam kehidupan, bukan hanya di gambar,” kata istri Sri Sultan HB X saat membuka soft opening Sleman Exotarium tersebut.

Bupati Sleman, Sri Purnomo menambahkan dengan hadirnya Mini Zoo Sleman Exotarium, bukan hanya akan menambah destinasi wisata baru di Sleman, namun lebih dari itu bisa sebagai destinasi education centre, termasuk dapat mengembangkan pariwisata Sleman ke depan.

“Dengan munculnya wahana baru ini,maka akan banyak alternatif, bagi wisatawan yang berkunjung ke Sleman,” tambahnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sleman Exotarium, Tawarkan Wisata Edukasi Satwa dan Agropolitan"

Posting Komentar