Sleman Patenkan Merk Genteng Godean


sembada.id  – Para perajin genteng di Godean dan Seyegan, Sleman sekarang memiliki merk genteng yang sudah dipatenkan . Yaitu Genteng Godean. Kepastian ini setelah merk Genteng Godean itu sudah terdaftar di  hak kekayaan intelektual (HKI).  Sebagai tindaklanjutnya, pemkab Sleman melakukan soft launching  hak kekayaan intelektual (HKI)  merk Genteng Godean, di lantai III kantor  badan keuangan dan aset daerah (BKAD) setempat, Rabu (27/12/2017). 

Kepala Dinas Perindustian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman Tri Endah Yitnani mengatakan dengan dipatenkannya merk genteng tersebut,  selain perajin genteng, yang ada di sentra industri genteng Godean dan Seyegan dapat memakainya untuk kepentingan pemasaran. Produk  mereka juga sudah dilindungi. Sebab yang akan mencontoh sudah tidak bisa. 

“Ini penting, sebab  produk genteng Godean merupakan produk yang sudah lama ada dan berkembang di wilayah Kecamatan Godean dan Seyegan secara turun temurun,” kata Tri Endah Yitnani saat soft launching merk Genteng Godean, tersebut.

Untuk itu,  setelah merk ini dipatenkan,  hal lain yang harus dilakukan yaitu sosialiasi, sehingga namanya akan familiar, baik di kalangan pelaku usaha genteng maupun  masyarat  luas.  Namun begitu, para perajin genteng di Godean dan Seyegan tetap harus memperhatikan kualitas produksinya

“Diharapkan dengan langkah ini, genteng Godean dapat bersaing dengan produk genteng dari daerah lain yang sudah memiliki nama,” jelas mantan kepala dinas pasar Sleman itu.

Ketua asosiasi perajin genteng Sleman,  Sembada Manunggal Sukiman menambahkan dengan adanya merk ini, bukan hanya memberikan perlindungan terhadap produk genteng di Godean dan Seyegan, namun juga pelaku usaha industri genteng di wilayah Sleman. Termasuk produk kerajinan dengan bahan baku tanah liat.

“Sebelum ada merk ini, merk genteng  yang di produksi cukup banyak, sehingga setelah ada merk ini para perajin nisa memakainya, meski begitu, untuk pembuatan genteng tetap, harus memenuhi syarat yang sudah di tetapkan asosiasi,” tambahnya.

Dalam soft launching merk  Genteng Godean tersebut juga  dilaksanakan serah terima buku manual penggunaan merk dan penyerahan kartu anggota merk kolektif. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sleman Patenkan Merk Genteng Godean"

Posting Komentar