Sleman Targetkan 2019 Bebas Kumuh





sembada.id – Pemkab Sleman menargetkan tahun 2019 di wilayah tersebut sudah tidak ada kawasan yang kumuh.  Data pemkab setempat saat ini ada 162,93 hektare (ha) kawasan yang masih kumuh. Daerah tersebut tersebar pada  45 titik di 17 desa dari 86 desa yang ada di Sleman.  Untuk mewujudkan hal tersebut  berbagai upaya terus dilakukan pemkab Sleman, di antaranya dengan pemberdayaan dan pendampingan masyarakat serta penguatan kapasitas kelembagaan maupun hal-hal teknis lainnya.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan dengan langkah tersebut diharapkan kawasan kumuh di Sleman akan berkurang secara bertahap.  Untuk tahun 2017 sendiri ditargetkan dapat berkurang 68.25 ha. Kemudian tahun 2018, berkurang 35,5 Ha dan 2019 berkurag 58.63 Ha atau sudah tidak ada lagi kawasan kumuh.

“Dengan begitu tahun 2020 kawasan kumuh 0%,” kata Sri Purnomo saat meresmikan pembangunan program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Dusun Gumuk serta gedung TK Tirtosiwi di Dusun Simping, Tirtoadi, Mlati, Sleman, Kamis (21/12).

Menurut Sri Purnomo tahun 2017  Sleman mendapatkan dana Bantuan Dana Investasi Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Masyarakat (BDI PLBK) untuk  15 Desa yang tersebar di beberapa Kecamatan, yakni Desa Sidoagung, Sidoarum, Sidomoyo, Banyuraden, Trihanggo, Nogotirto, Tirtoadi, Tlogoadi, Sendangadi, Sinduadi, Caturtunggal, Condongcatur, Wedomartani, Bimomartani, dan Triharjo. 

“Karena itu, saya sangat apresiasi pembangunan ini, sebab masih jarang kepala desa yang konsen pada pembangunan pendidikan diwilayahnya,” ungkapnya.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) Desa Tirtoadi, Subiyanto menjelaskan pembangunan KOTAKU di Tirtoadi dengan biaya Rp 500 juta, yang berasal  dari APBN. Pembangunan yang dilakukan berupa bangunan drainase, tanggul jalan, trotoar, dan pertamanan.


“Sementara untuk pembangunan TK Tirtosiwi menghabiskan anggaran Rp 100 juta yang berasal dari dana desa,” terangnya. (dik)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sleman Targetkan 2019 Bebas Kumuh"

Posting Komentar