Tolak Pembangunan Bandara, Puluhan Orang Gruduk AP I


sembada.id -Puluhan orang yang mengatasnamakan Aliansi Tolak Bandara (ATB) mengeruduk kantor Angkasa Pura I Yogyakarta di Jalan Laksda Adisutjipto, Maguwoharjo, Depok, Sleman, DIY, Rabu (6/12/2017).

Mereka menyuarakan menolak pembangunan New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) di Temon, Kulonprogo dan menuntut penghentian pengusuran paksa terhadap warga terdampak bandara tersebut.

Selain dengan orasi, penolakan tersebut juga dituliskan dalam spanduk yang dibawa.  Di antaranya Tolak NYIA dan Hentikan pengusuran Paksa Terhadap Rakyat Temon,  Biarkan Rakyat Temon Kulonprogo Mengolah Tanah Untuk Pertanian.

Koordinator aksi  Fandi Atmajaya mengatakan  proyek NYIA  cara untuk  penghancuran ruang hidup dengan dalih pembangunan proyek strategis nasional.  Terbukti ratusan rumah dan hektare lahan produktif di lima desa di kecamatan Temon yang terdampak proyek NYIA digusur paksa. Bahkan yang masih bertahan juga terancam tergusur.

“Hingga sekarang  masih ada 38 rumah yang menolak digusur dan memilih tetap bertahan,” kata Fandi di sela-sela aksi.

Menurut Fandi, indikasi ancaman pengusuran tersebut, yaitu mereka yang masih bertahan mendapat intimidasi, termasuk adanya aksi represif dari aparat dan penangkapan aktvitis yang dituduh sebagai provokator.  Sehingga tindakan ini, jelas tidak sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan dan Pancasila
.
“Karena itu, kami menuntut Angkasa Pura bertanggung jawab,” tandasnya.

Menanggapi hal ini manager proyek NYIA PT Angkasa Pura I Yogyakarta Sujiastono mengatakan siap melakukan diskusi dengan mereka.  Tetapi untuk tempatnya tidak di jalan, melainkan di tempat yang lebih nyaman. Sebab jika di jalan selain panas juga akan menganggu arus lalu lintas.(sindonews)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tolak Pembangunan Bandara, Puluhan Orang Gruduk AP I"

Posting Komentar