UII Bantu Korban Badai Cempaka dan Siklon Tropis Dahlia


sembada.id - Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta merespon cepat adanya bencana tanah longsor dan banjir akibat badai cempaka dan siklon tropis dahlia di beberapa daerah, baik di DIY maupun Jawa Tengah.  Yaitu dengan mengirimkan bantuan di sejumlah titik bencana tersebut.

Rektor UII Yogyakarta Nandang Sutrisna mengatakan respon terhadap bencana tersebut dilakukan dalam tiga tahap, yakni SAR dan evakuasi; tahap penilaian, layanan medis dan distribusi bantuan; serta tahap recovery atau pemulihan.

“Untuk  tahap recovery, UII berkomitmen membantu hingga kondisi para korban bencana bisa seperti semula,” kata Nandang soal bantuan UII kepada daerah yang terdampak badai Cempaka dan Siklon Tropis Dahlia, di kampus UII Jl Cik Ditiro No 1 Yogyakarta, Sabtu (2/12/2017).

Nandang menjelaskan respon tanggap bencana tersebut atas dasar kemanusiaan. Dan kegiatan demikian akan terus dilakukan selama masih ada masyarakat yang membutuhkan. Kegiatan pengiriman bantuan pun telah dilakukan UII sejak 29 November 2017 lalu ke beberapa titik seperti Kabupaten Bantul, Kabupaten Purworejo serta Kabupaten Pacitan.

"Kegiatan ini kami lakukan secara terkoordinasi dan merupakan kolaborasi lintas disiplin ilmu. Untuk bantuan layanan medis, kami juga menerjunkan tim psikologi yang akan membantu trauma healing para korban bencana," imbuhnya.


Wakil Rektor III UII Agus Taufiq menambahkan, tiap tahapan bantuan selalu dikoordinasikan dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) DIY. Tim relawan yang dikirim UII pun terdiri dari mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan serta didukung Resimen Mahasiswa Batalyon 8 UII. (wpr)

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "UII Bantu Korban Badai Cempaka dan Siklon Tropis Dahlia"