JAT Siap Ramaikan Singapura Airshow 2018



     KASAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna saat  meninjau persiapan JAT di Lanud Adisutjipto, Selasa (30/1/2018)


SEMBADA.ID  – Tim aerobatik TNI AU,  Jupiter Aerobatic Team (JAT)  atau The Jupiter kembali akan menunjukkan kebolehannya di pentas internasional. Kali ini dalam pagelaran Singapura Airshow 2018.   Perhelatan  yang digelar  rutin dua tahun sekali tersebut akan berlangsung di Changi, Exhibition Center, Singapura, 5-9 Februari mendatang.  

JAT sendiri direncanakan akan berangkat ke Singapura, dan  dilepas langsung Danlanud Adisutjipto Yogyakarta Marsma TNI Novyan Samyoga di shelter JAT,  Lanud Adisutjipto.  Rabu (31/1/2018) hari ini dan kembali 13 Februari mendatang.  Danlanud sendiri juga akan ikut dalamr rombongan JAT sebagai Mission Commander.

Sebagai persiapan, The Jupiter  yang diawaki enam  penerbang  itu melakukan latihan selama satu bulan  di Lanud Adisutjipto. Untuk kepentingan tersebut  Kepala Staf TNI AU (KASAU)  Marsekal TNI Yuyu Sutisna meninjau langsung  persiapan akhir  JAT , sebelum ke Singapura. Selasa (30/1/2018). 

KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna mengatkan karena  keberhasilan The Jupiter ini bukan hanya milik TNI AU, namun juga Indonesia. Untuk itu saat tampil nanti harus menunjukkan kemampuan terbaiknya dengan tetap mengedepankan safety. Sehingga dalam tampil nanti dapat berjalan dengan baik dan sukses serta mengharumkan negara dan bangsa Indonesia.

“Tampilnya JAT adalah harga diri bangsa,   oleh karena itu berikan yang  terbaik kepada bangsa dan negara Indonesia,” harapnya.


Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Novyan Samyoga mengatakan keikutsertaan JAT  di Singapura Airshow ini, bukan hanya sekedar memenuhi undangan dari AU Singapura. Namun juga untuk menunjukkan kemampuan sumber daya TNI AU kepada dunia luar.  Baik di bidang penerbangan maupun dalam mengendalikan dan mengoperasionalkan teknologi dirgantara.

“Keikutsertaan The Jupiter  ini bukti SDM TNI AU tidak kalah dengan negara lain,” ungkap Novyan.

Selain itu,  juga untuk  mendekatkan JAT  kepada masyarakat.  Sehingga saat dan usai mengikuti  kegiatan Singapura Airshow, The Jupiter sebelum kembali ke base camp di Lanud Adisutjipto, terlebih dahulu akan melakukan airshow atau display di beberapa Lanud yang dilalui JAT.

"JAT akan mengunjungi beberapa kota yang dilalui,  di antaranya Jakarta, Pelambang, Tanjung Pinang dan Tanjung Pandan" terang  alumni AAU 1989 itu.

Menurut Novyan, dalam even tersebut JAT akan menampilkan  12 formasi. Namun ada satu formasi yang akan diganti, yaitu formasi bombers diakhir pertunjukkan. Dimana untuk manuver tersebut akan  diganti dengan formasi cas cade.

“Pergantian formasi ini atas permintaan tuan rumah,” paparnya. (sindonews)




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JAT Siap Ramaikan Singapura Airshow 2018"

Posting Komentar