RKPD 2019 Sleman Proritaskan Pengentasan Kemiskinan


 

sembada.id –  Pemkab Sleman mulai menyusun rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) 2019. Sebagai langkah  awal, Kamis  (18/1/2018) mengelar   forum  konsulrasi publik (FKP) penyusuan rancangan awal RKPD di ruang pertemuan kantor badan perencanaan pembangunan daerah (Bappeda) setempat.  Selain organisasi perangkat daerah (OPD) kegiatan itu juga diikuti DPRD Sleman, akademisi, LSM, Ormas, tokoh masyarakat,  perwakilan perempuan dan anak serta pengusaha.


Ada sembilan pokok bahasan dalam FKD tersebut,  yaitu  pendidikan, kesehatan, penanggulangan kemiskinan, infrastruktur, pengembangan potensi  lokal, lingkungan hidup, peningkatan pendapatan masyarakat  berpenghasilan  rendah, tata  kelola pemerintah serta budaya.


Sekretaris  daerah (Sekda) Sleman Sumadi mengatakan dari  sembilan  pokok bahasan tersebut, sasaran atau fokus  utama  yang ingin dicapai, yakni pengembangan potensi lokal.  Meningkatka daya saing dan mengatasi ketimpangan sosial, sehingga  dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian dan muaranya  dapat mengurangi angka kemiskinan akan.


“Ini penting sebab angka kemiskinan di Sleman masih di atas 10% dari jumlah KK yang ada di Sleman,”  kata Sumadi dalam sambutan kegiatan itu.


Untuk itu,  hasil dari FKP penyusuan rancangan awal RKPD 2019 tersebut, nantinya  akan menjadi acuan atau bahan dalam membuat kebijakan maupun  program kegiatan dalam APBD 2019. Sehingga iklus APBD 2019 dapat tepat waktu serta terukur  dan yang  lebih penting lagi berdampak positif bagai masyarakat.


“FKD ini juga diharapkan mampu memberikan keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan penganggaran pelaksanaan dan pengawasan,” tandas mantan Inspektorat Pemda DIY itu.


Kepala Bappeda Sleman Kunto Riyadi  menambahkan, FKP ini juga untuk mendapatkan masukan dan pengayaan substansi  guna penyempurnaan draf renacangan awal RKPD 2019 yang memuat gambaran umum kondisi daerah, rencangan kerangka ekonomi daerah dan kebijakan keungan daerah, prioritas dan sasaran pembangunan daerah serta program pembangunan daerah 2019.

“Kegiatan ini juga sebagai pedoman musrenbang untuk menyusun dokumen perencanaan dan penganggaran tahun 2019,” tambahnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RKPD 2019 Sleman Proritaskan Pengentasan Kemiskinan"

Posting Komentar