Kenalkan Minat Baca Sejak Dini Lewat Lomba Mewarnai




Anak-anak sedang mengikuti lomba mewarnai tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) se Sleman di kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip, Sleman, Selasa (27/2/2018)

SEMBADA.ID –  Sebanyak 350 anak-anak yang berasal dari Taman Kanak-Kanak (TK) se Sleman mengikuti lomba mewarnai di kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip, Sleman, Selasa (27/2/2018).  Selain sebagai sarana dalam mengembangkan bakat anak, kegiatan tersebut juga untuk menumbuhkan minat dan budaya baca  sejak dini.  

Wakil bupati Sleman Sri Muslimatun mengatakan budaya baca memang harus diajarkan sejak dini.  Untuk membaca sendiri selain tulisan juga bisa dengan sarana lain, di antaranya gambar.  Dimana dengan media gambar tersebut diharapkan anak-anak bisa memahami apa yang akan disampaikan lewat gambar itu.
 “Anak  kan belum kenal huruf. Mereka kenalnya gambar. Maka memaknai gambar itu sebagai suatu kalimat, bisa menjadi rangkaian cerita yang panjang,” kata Sri Muslimatun saat membuka lomba gambar tingkat TK se Sleman tersebut.


Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman,  Ayu laksmi Dewi Tri Astika Putr imenambahkan berdasarkan hasil survei, untuk tingkat membaca saat ini masih rendah.  Karena ini berbagai langkah terus dilakukan untuk  meningkatkan minat baca tersebut di masyarakat.  Di antaranya dengan membiasakan membaca  sejak dini. Dimana hal tersebut dapat dimulai dari lingkungan keluarga.  Termasuk dengan mewarnai gambar ini diharapkan anak dapat mengerti apa yang ada dalam gambar itu. (wpr)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenalkan Minat Baca Sejak Dini Lewat Lomba Mewarnai"

Posting Komentar