Polda DIY Gulung Komplotan Curanmor Spesialis Truk

               Polda DIY memperlihatkan komplotan curanmor spesialis truk saat  gelar perkara ungkap kasus di Mapolda setempat, Jumat (23/2/2018)

SLEMAN -  Polda DIY berhasil mengulung  komplotan  pencuian kendaraan bermotor (curanmor) spesialis  truk  lintas propinsi.  Terbongkarnya  komplotan itu,  setelah petugas berhasil  menangkap warga Garut, Tatang, 51 yang melakukan pencurian truk di wilayah Karangmojo dan Ngawen, Gunungkidul,  14 Desember 2017 dan 1 Februari 2018. Tatang ditangkap di rumahnya, Selawi, Garut, 16 Februari lalu.

“Penangkapan Tatang ini hasil pengembangan dari laporan pencurian truk tersebut,” kata Direktur Reserse dan Kriminal Umum (Direskrimum) Polda DIY Kombes Pol Hadi Utomo,  saat gelar ungkap kasus di Mapolda setempat, Jumat (23/2/2018).

Hadi menjelaskan berawal dari tertangkapnya Tatang ini diperoleh informasi, ia melakukan pencurian bersama tiga rekannya warg a Kediri, Jawa Timur. Yaitu Doto, Yanto dan Andri. Dari informasi  ini petugas kemudian menuju Kediri dan berhasil menangkao Doto. 41.  Sedangkan Yanto dan Andri masih burun.

“Dari pengakuan Doto mereka memang komplotan pencuri truk. Selain mereka juga ada empat  warga kudus lain, yakni  Sutris, Arifin, Setiyo Hadi, dan  Rizqi,”  paparnya.

Mendapat informasi tersebut,petugas kemudian pergi ke Kudus dan berhasl menangkap mereka. Saat diperiksa  mereka mengaku melakukan pencurian truk di Gunungkidul dua kali dan di Bantul satu kali. Untuk mencuri truk itu dengan mengunakan kunci T. Otak pencurian Tatang, lainnya berperan sebagai pemetik dan  mencari lokasi truk. Truk curian di Gunungkidul dijual kepada  warga Jekenan,  Pati, Supar, 37.  Truk curian itu, mereka jual dengan  dengan harga Rp50-60 juta

“Para pencuri itu dijerat Pasal 363  KUHP ayat 1 juncto pasal 363 KUHP ayat 2 dengan ancaman hukuman tujuh tahun. Untuk penadahnya  dijerat  pasal 480  KUHP dengan ancaman hukuman empat tahun penjara," jelasnya

Otak pencurian, Tatang mengakui sudah sejak 2016 melakukan aksi pencurian truk tersebut.  Lokasi pencurian di Jawa Barat, Jawa Timur, dan DIY.  Mereka   melakukan aksi  pencurian  setelah ada yang memesan truk jenis tertentu. Pemesanan biasanya lewat telepon. (wpr)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Polda DIY Gulung Komplotan Curanmor Spesialis Truk"

Posting Komentar