Ramaikan JAS 2018, Sri Sultan Joy Flight Dengan Pesawat Latih Grob



SEMBADA.ID  -  Perhelatan Jogja Air Show (JAS) 2018 secara resmi akan dibuka, Gubernur DIY Sri Sultan HB X di pantai Depok, Kretek, Bantul, Minggu (18/2/2018). Meski begitu, mulai Sabtu (17/2/2018) beberapa rangkaian acara sudah dimulai.  Di antaranya penampilan tim aerobatik TNI AU, Jupiter Aerobatic Team (JAT) atau The Jupiters.

Termasuk   Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri juga tidak mau ketinggalan .  Yaitu dengan mengikuti  joy flight dengan pesawat latih Grob.   Bahkan  Sultan dan Kapolda  terlihat antusias mengikutinya.  Terbukti  sangat serius mendengarkan pemaparan  safety dan hal-hal teknis lainya soal penerbangan,  di  ruang Wingdikter Lanud Adisutjipto.  

Dua pesawat latih Grob telah disiapkan. Masing-masing  untuk Sri Sultan HB X dan satunya untuk Kapolda  DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri.  Sri Sultan akan terbang bersama Letkol Pnb HS Romas yang kesehariannya sebagai komandak skudron pendidikan  (Danskadik) 101 Lanud Adisutjipto  sedangkan Kapolda DIY bersama dengan Letkol Pnb Didik Setyo  Nugroho yang  kesehariannya sebagai  Danskadik 104 Lanud Adisutjipto.

Setelah semuanya sudah siap, pukul 10.30 WIB kedua pesawat latih tersebut mulai meninggalkan Lanud Adisutjipto melaksanakan joy flight.  Untuk rute penerbangan sendiri meliputi Lanud  Adisutjipto-Gunung Merapi,  Kulonprogo,  pantai Depok-Parangtritis , Watu Gupit Gunungkidul-Kulonprogo dan kembali ke Lanud Adisutjipto.  Dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Novyan Samyoga mengatakan pada  perhelatan JAS 2018 memang sengaja mengundang Gubernur DIY  untuk joy flight  dengan pesawat latih dasar dan beliau  berkenan.  Karena itu,  ini merupakan suatu kebangaan apalagi baru yang pertama kali.

“Selama joy flight Sri Sultan dan Kapolda DIY akan diajak melihat kaldera merapi, proses pembangunan bandara baru di  Kulonprogo dan pemandagan pantai selatan,”  kata Novyan setelah kedua pesawat latih Grob  take off  melakukan joy flight  bersama Sri Sultan dan Kapolda DIY.

Novan menjelaskan pada perhelatan JAS 2018,  direncanakan akan ada beberapa pemecahan rekor  terbang para motor. Yaitu dari 46 menjadi 56 para motor, termasuk bila cuaca mendukung akan ada pencatatat rekor terbang bersama 20  para motor.  Selain itu juga akan ada layang-layang sprot dan drone.
“Untuk pengunjung, khususnya di pantai Depok ditargetkan 52 ribu orang atau lebih banyak dibandingkan tahun lalu sebanyak 50 ribu orang,”  paparnya.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X usai melakukan  joy flight mengaku biasa saja terbang dengan pesawat latih, termasuk tidak was-was, sebab  pilotnya dijamin handal dan profesional.  Justru  dirinya takut terbang bersama helikopter.

“Sebab  dengan heli  karena  melihat langsung,  mukanya seperti kejlunglup,    Kalau dengan pesawat latih tidak.   Hanya tadi  saat lewat di daerah Gunungkidul , karena banyak pengunungan agak pening,”  akunya.

Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan secara umum tidak ada bedanya dengan naik pesawat biasa. Yang membedakan, pesawat latih banyak tombol dan harus benar-benar safety.  Sehingga ini pengalaman yang tidak terlupakan,  apalagi baru pertama kali. 

“Saya berharap nanti diajak lagi Danlanud untuk joy flight,” harapnya.(Sindonews)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ramaikan JAS 2018, Sri Sultan Joy Flight Dengan Pesawat Latih Grob"

Posting Komentar