Fathul Wahid Rektor Terpilih UII




Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Indonesia  (UII) periode 2010-2014  Fathul Wahid  terpilih menjadi rektor UII periode 2018-2022.

SEMBADA.ID  - Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Indonesia  (UII) periode 2010-2014  Fathul Wahid  dipastikan  akan menjadi rektor UII periode 2018-2022.  Kepastian ini, setelah pengurus yayasan badan wakaf (PYBF) UII  dalam rapat pleno di kantor setempat Jalan Cik Ditiro No 1 Yogyakarta,  memutuskan  Fathul Wahid  sebagai rektor UII baru mengangikan rektor UII Nandang Sutrisno yang habis masa jabatannya.


 PYBW  selanjutnya menyampaikan hasil tersebut kepada panitia  pemilihan  rektor UII untuk proses selanjutnya. Panitia menindaklanjuti dengan mengeluarkan ketetapan  nomor 08/SK-PP/III/2018 tentang rektor UII 2018-2022.


Senat Universitas sebenarnya mengajukan  tiga nama kepada PYBW UII.  Selain Fathul Wahid,  
juga ada mantan ketua komisi yudisial (KY) dan dosen FH UII Suparman Marzuki serta  Dekan Fakultas Teknis  Sipil dan Perencanaan (FTSP) UII Widodo. Tiga nama tersebut hasil  seleksi dari tingkat fakultas hingga tingkar Senat Universitas. 


Ketua panitia pemilihan rektor UII Syamsudin mengatakan setelah menerima hasil keputusan dari PYBW UII, bukan berarti sudah selesai proses pemilihan kepengurusan di UII.  Sebab bersamaan dengan pemiliha rektor, juga akan ada pemilihan wakil rektor,  dekan, ketua program studi dan pengurus yayasan baru untuk periode yang sama, yakni 201802022.


“Pemilihan wakil rektor nantinya diserahkan kepada rektor terpilih,” kata Syamsudin di ruang kerjanya, Selasa (27/3/2018).


Syamsudin menjelaskan akan ada empat wakil rektor yang akan mendampingi rektor nantinya, yaitu   wakil rektor bidang  pengembangan akademik dan riset (WR 1); wakil  rektor  bidang sumber daya  manusia dan pengembangan karir  (WR 2); wakil rektor  bidang  kemahasiswaan,  keagamaan, dan alumni (WR 3) serta wakil  rektor  bidang networking dan  kewirausahaan (WR 4).


Untuk itu setelah ditetapkan rektor, kami minta rektor terpilih segera mengajukan  masing-masing dua orang untuk menduduki keempat  jabatan wakil rektor  itu. Setelah itu kami akan mengajukan kepada senat universitas untuk dipilih masing-masing  satu  orang untuk menduduki jabatan keempat wakil rektor,” jelasnya.


Kepala Humas UII Karina Dwi Utami  menambahkan secara umum bakal calon wakil rektor (bacawarek) UII harus memenuhi. syarat formil berdasarkan Statuta UII 2017 dan Peraturan PYBW. Di antaranya syarat formil  bakal wakil  rektor (bacawarek) yaitu usia maksimal 60 tahun, memiliki gelar akademik  doktor untuk WR 1 dan minimal gelar  magister. 

“WR bidang lainnya harus  memiliki jabatan akademik serendah-rendahnya lektor kepala,  memiliki  pengalaman menjabat serendah-rendahnya  sekretaris  program sarjana atau  sekretaris  program pascasarjana,” terangnya. 


Pemilihan Wakil Rektor akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2018 setelah  melalui tahapan proses administrasi yang dilaksanakan panitia.  Pelantikan Rektor dan wakil rektor terpilih diagendakan akan dilaksanakan 1 Juni  mendatang. (prista)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fathul Wahid Rektor Terpilih UII "

Posting Komentar