Langgar Aturan, lima Toko Jejaring Di Sleman Ditutup





Petugas Satpol PP Sleman saat melakukan penutupan toko jejaring di Kalongan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Selasa (27/3/2018).


SEMBADA.ID  – Pemkab Sleman mengambil tindakan tegas kepada toko jejaring yang melanggar aturan, terutama  peraturan daerah (perda) No 18/2018 tentang perizinan pusat pembelanjaan dan toko modern serta  peraturan bupati (perbup) No 49/2017 tentang pelaksanaan petunjuk dan teknis tentang perda tersebut.  Terakhir lima toko jejaring yang tidak mengantongi izin ditutup paksa, Selasa (27/3/2018).  Masing-masing berada di Jalan Yogya-Solo, Km 16, Bogem, Kalasan, Jalan Adisucipto Kalongan, Maguwoharjo, Depok, Jalan Kaliurang Km 6,5 Kentungan, Condongcatur, Depok serta dua di Sanggrahan, Tegaltiro, Berbah.


Kabid  Peraturan Perundang – Undangan Satpol PP  Sleman Dedi Widianto mengatakan  penutupan ini  sebagai tindaklanjut dari Surat keputusan (SK) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sleman No 98/SK Perindag/2018  tentang penutupan toko jejaring tersebut. SK itu dikeluarkan karena toko jejaring itu setelah diberikan pembinaan tidak melaksanakannya.  Terutama soal perizinan. Terbukti meski tidak mengangongi izin  tetap beroperasi.


“Jadi penutupan ini sudah ada dasar hukumnya,” kata Dedi soal penutupan lima toko jejaring tersebut, Selasa (27/3/2018).


Dedi menjelasakan selain perizinan,  juga akan melakukan penutupan  toko jejaring  yang jaraknya kurang satu meter dari pasar tradisional. Untuk penertibannya sendiri, diserahkan kepada pemilik toko tersebut. Namun jika tetap tidak diindahkan akan dilakukan penutupan paksa.  Hanya saja untuk penertibannya secara bertahap.    


“Karena itu, setelah ini akan ada lagi penutupan toko jejaring yang melanggar aturan,”  paparnya.


Kasi Penegak Perda  Satpol PP Sleman Sutriyanto menambahkan paska penutupan  memberikan tenggang waktu tiga  hari  kepada pemilik toko jejaring untuk  proses pengosongan  tempat tersebut.


“Toko jejaring itu sudah kami segel. Untuk itu minta kepada semua pihak untuk ikut mengawasi jika ada yang melakukan pelanggaran atas tindakan kami,” ungkapnya.(koran Sindo)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Langgar Aturan, lima Toko Jejaring Di Sleman Ditutup"

Posting Komentar