14 SMP Numpang Ujian, Hari Pertama UNBK Di Sleman Lancar

Wakil bupati Sleman Sri Muslimatun (kanan) saat meninjau UNBK di SMPN  1 Ngaglik, Senin (23/4/2018)

SEMBADA.ID  – Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMP di Sleman pada hari pertama, Senin (23/4/2018) berjalan lancar. Indikasinya hingga ujian selesai tidak ada laporan yang masuk, baik gangguan jaringan komputer (server) maupun listrik padam. Termasuk kecurangan dan hal teknis lainnya.

Data Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman  UNBK SMP 2018 diikuti 14.880 peserta yang berasal dari 140 SMP dan MTs (55 negeri dan 85 swasta).  Dari jumlah tersebut 14 sekolah swasta terdiri dari 11 SMP dan 3 MTs  karena terkendala sarana dan prasarana terpaksa  menumpang UNBK  ke sekolah lain yang terdekat.

Bupati dan wakil bupati Sleman, Sri Purnomo dan Sri Muslimatun memantau langsung  pelaksanaan UNBK di beberapa sekolah.  Sri Purnomo ke SMPN 1 Depok, SMPN  1 Kalasaan dan SMP Muhammdiyah1 Depok. Sedangkan Sri Muslimtun ke SMPN 1 Ngaglik, SMP Muhammadiyah Pakem dan SMPN 1 Cangkringan.

Kepala Disdik Sleman Sri Wantini mengatakan sebelum pelaksanaan UNBK,  terlebih dahulu melakukan beberapa persiapan, baik fasilitas penunjang maupun siswa itu sendiri. Di antaranya untuk mengantisipasi kerusakan jaringan listrik dengan genset dan untuk siswanya dengan menggelar latihan ujian. 

“Karena itu kami optimis pelaksanan UNBK SMP di Sleman lancar dan sesuai dengan harapan,” kata Sri Wantini di sela-sela peninjauan UNBK di SMPN 1 Ngaglik, Senin (23/4/2018).

Selain mengharapkan para siswa tidak ada kendala dalam mengerjakan UNBK,  untuk hasilnya juga sesuai dengan yang diinginkan, baik yang menyangkut dengan kuantitas maupun kualitas lulusannya.  Termasuk outputnya dapat menempuh ke sekolah yang sesuai dengan cita-cita para siswa tersebut. Baik di SMA maupun SMK

“Itulah harapan kita bersama,” ungkapnya.

Hal yang sama diungkapkan wakil bupati Sleman Sri Muslimatun. Ia mengatakan  dalam pantauan UNBK di beberapa sekolah berjalan lancar tanpa adanya hambatan. Sekolah sendiri juga sudah menyediakan genset secara mandiri  maupun menyewa serta menyiapkan komputer cadangan guna mengatasi kendala teknis saat ujian berlangsung. Termasuk melakukan usaha untuk meningkatkan kenyamanan siswa dalam menghadapi UNBK, di antaranya dengan  menggelar motivation training kepada siswanya.

“Kami harapkan dengan langkah ini siswa-siswa dari Sleman terus dapat meningkatkan prestasi di bidang akademik,” harapnya.(sbd)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "14 SMP Numpang Ujian, Hari Pertama UNBK Di Sleman Lancar"

Posting Komentar