Gelar Potensi Pertanian Sarana Kenalkan Produk Lokal




SEMBADA.ID – Semua wilayah di Sleman sebenarnya memilki kekhasan masing-masing, baik dalam budaya, kesenian dan potensi lokal lainnya. Termasuk dalam hal pertanian. Hanya saja potensi tersebut kurang dikenal. Karena itu sebagai upaya mengenalkan produk lokal tersebut, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Penyuluh Pertanian, Pangan dan Perikanan (BP4) wilayah IV Kabupaten Sleman menyelenggarakan Gelar Potensi Pertanian di kantor UPT BP4 setempat, Temon, Pendowoharjo, Sleman, Selasa (24/4/2018). Wakil bupati Sleman Sri Muslimatun membuka langsung acara itu.

Sri Muslimatun mengatakan selain sebagai ajang untuk menampilkan dan mengenalkan potensi-potensi pertanian yang ada di kecamatan Sleman.  Kegiatan ini sarana edukasi terhadap dunia pertanian. Dengan begitu akan  melahirkan generasi muda produktif untuk mengembangkan dan memajukan pertanian di Sleman.

“Hal ini tentu mampu menjadi modal bagi terwujudnya stabilitas ketahanan pangan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat jika keberadaannya mampu dimanfaatkan dan diolah secara optimal oleh masyarakat,” kata Muslimatun.

Muslimatun berharap dengan diselenggarakannya gelar potensi ini dapat memotivasi kelompok-kelompok tani untuk dapat terus berinovasi dalam bidang Pertanian, Pangan, dan Perikanan.

“Saya berharap kegiatan ini mampu memotivasi serta menumbuhkan semangat dan kesadaran masyarakat di Sleman untuk dapat terus memanfaatkan pekarangan yang dimiliki untuk dapat menghasilkan produk-produk pangan,” tambahnya.

Kepala UPT B4 Wilayah 1V, Suhardi mengatakan bahwa gelar potensi ini  terdapat pameran potensi dan bazar yang diikuti 45 stand terdiri dari Kelompok Wanita Tani (KWT), Kelompok Tani, Gapoktan, Perseorangan, Swasta/BUMN, Perguruan Tinggi, dan Dinas sektoral terkait. Selain itu juga diadakan pasar murah sembako, lomba menggambar dan mewarnai.

“Kami juga melakukan kampanye gemar makan makanan lokal dan ikan serta minum susu dan pengukuhan 26 kelompok tani oleh Wakil Bupati Sleman,” teragnya (sbd)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gelar Potensi Pertanian Sarana Kenalkan Produk Lokal"

Posting Komentar