Mahasiswa UII Kembangkan Sepeda ListriK Komersil Retro




Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau sepeda  listrik buatan mahasiswa UII Yogyakarta saat IIMS di  JEC, Jakarta, Kamis (19/4/2018). Foto Dok UII


SEMBADA.ID – Mahasiswa  Universitas  Islam  Indonesia (UII)  Yogyakarta  yang  tergabung  dalam  tim mobil  listrrik  Ulil Albab Student Center (UASC)  berhasil  mengembangkan  sepeda listrik  modern klasik (retro) yang diberinama PitX  singkatan dari  pit ekslusif.   Selain dapat menjadi  alat  transportasi  alternatif, PitX ini  juga ramah  lingkungan dan tanpa suara, karena  tidak mengunakan mesin.


Ketua tim mobil listrik UII  Rian Nur Adiyatama mengatakan pembuatan sepeda listrik ini berawal adanya tawaran dari investor kepada mereka apakah bisa membuat sepeda listrik dengan tema modern klasik. Namun tetap ada sentuhan elektrik layaknya mobil listrik yang mereka kembangkan.  Dimana sepeda listrik itu rencananya akan diproduksi  dan dipasarkan secara  massal atau komersil.


“Jadi, sebelumnya tidak berpikir tentang sepeda listrik ini. Sebab fokus kami memang pada mobil listrik. Namun tawaran itu menjadi tantangan, sehingga menyanggupinya,” kata mahasiswa Teknik Mesin  Fakultas Teknologi Industri (FTI) UII angkatan 2014 itu,  Minggu (22/4/2018).


Rian menjelaskan  sebagai langkah awal untuk pembuatan sepeda listrik  ini, yaitu dengan melakukan riset,  terutama konsep  yang sesuai dengan tema modern klasik.  Dilanjutkan dengan mendesain model  dan setelah itu merakitnya.  Untuk bahannya, kerangka mengunakan carbon,  pengeraknya     motor  BLDC 1 KW,  kontroller seri 2 KW  dengan batery lithium ion 42AH dan ditargetkan dapat menempuh kecepatan hingga 60 km/jam.  

“Alasan  untuk kerangka mengunakan carbon, selain kuat juga ringan.  Hanya saja untuk protitipenya masih dengan besi,”  paparnya.

Menurut Rian yang membedakan sepeda listrik buatan mereka dengan sepeda listrik lainnya,  yakni dibuat dengan  model retro atau modern klasik,  selain itu karena mengusung konsep high performance, sepeda ini juga memiliki kecepatan tinggi.  Sehingga  dengan  konsep ini memiliki tingkat eksklusifitas  tinggi.

“Meski  begitu, tetap masih perlu penyempurnaan dan tambahan spare part, sebelum siap diproduksi secara massal,”  ungkapnya.

Beberapa  bagian yang  masih perlu  mendapat sentuhan, di antaranya untuk tombol on off belum ada  secara otomatis, sebab masih didalam kotak,  sehingga  untuk on offnya belum praktik, harus membuka kotak dulu. Karena itu, masih perlu pengembangan dan riset lagi untuk perbaikan dan penyenpurnaan sepeda listrik ini.

“Meksi  begitu, jika ada yang memesannya kami siap  membuatkannya,”   akunya.

Hanya saja untuk pengembangan  dan pembuatan sepeda listrik ini tidak semua tim mobil listrik UII UASC terlibat. Sebab dari 25 mahasiswa  FTI, hanya 10 mahasiswa yang menggarap lainnya tetap fokus di mobil listrik. Alasannya untuk sepeda listrik tidak membutuhkan tenaga yang banyak.

“Tim mobil listrik UII, bukan hanya dari mahasiswa teknis mesin, namun juga teknik  teknik elektro dan teknis industri FTI,”  jelasnya.

Kepala Humas UII Yogyakarta Karina Dewi Utami menambahkan meski  masih dalam bentuk prototipe,  namun sepeda listrik PitX UII  sudah dilaunching  saat Indonesia  Internasional  motor show (IIMS) 2018,   di Jakarta internasional expo (JEE), 19 April lalu. Bahkan mendapat perhatian dari presiden Joko  Widodo (Jokwi).  IIMS sendiri, akan berlangsung hingga 29 April.  Selain sepeda listrik, dalam kegiatan itu  UII juga menampilkan mobil listrik Kaliurang Unisi.

“Pak Jokowi selain memberikan apresiasi juga memberikan semangat agar terus berinovasi dan semakin kreatif,” tambahnya.(sindonews)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Mahasiswa UII Kembangkan Sepeda ListriK Komersil Retro"

Posting Komentar