Operasi Patuh Progo 2018 Sasar Pelanggar Lalu Lintas





Jajaran Polda DIY melakukan apel dimulainya operasi patuh progo 2018, di halaman Mapolda setempat, Kamis (26/4/2018). Operasi patuh progo 2018 akan berlangsung 26 April-9 Mei mendatang.

SEMBADA.ID  –Polda DIY menggelar operasi patuh Progo  2018 mulai 26 April hingga 9 Mei mendatang di seluruh wilayah Polda DIY.  Sasaran dalam kegiatan ini, para pengendara kendaraan yang  melakukan pelanggar  lalu lintas.

“Bagi yang melanggar  aturan lalu lintas akan ada tindakan represif atau diproses hukum sesuai aturan yang berlaku,’ kata Kapolda DIY, Brigjen Pol Ahmad Dofiri usai apal operasi patuh progo 2018, di halaman Mapolda setempat, Kamis (26/4/2018).

Dofiri mengatakan selain sebagai bentuk  penegakkan hukum,  tindakan tegas ini, sekaligus  sarana pembelajaran bagi masyarakat  agar dalam berlalu lintas mematuhi aturan yang  ada. Terutama tertib dan disiplin, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.  Dengan begitu diharapkan dapat meningkatkan  kesadaran  dalam berlalu lintas.

“Ini penting sebab secara umum kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas masih rendah,”  terang mantan Kapolda Banten tersebut.

Menurut Dofiri masih rendahnya masyarakat dalam berlalu lintas itu dapat dilihat dari perilaku mereka di jalan raya. Di antaranya masih ada yang tidak memakai helm,  melawan arus lalu lintas, menerobos  lampu merah serta marka jalan.   
Karena itu,  yang akan menjadi sasaran dalam kegiatan ini,  yaitu pelanggaran yang kasat mata,  seperti tidak memakai helm, melawan arus, melanggar marka dan lampu merah, pengendara di bawah  umur,  berboncengan lebih dari satu  serta pelangaran lalu lintas lainnya.  Seperti dokumen dan kelengkapan kendaraan.
“Tindakan ini bukan hanya membahayakan bagi diri sendiri, namun juga penguna jalan yang lain,”  jelasnya.

Wadir Lantas Polda DIY AKBP Yugonarko menambahkan meski  akan melakukan tindakan represif namun tetap akan mengedepankan tindakan preemtif dan preventif. Untuk tindakan represif, selain akan melakukan tilang terhadap pelanggar lalu lintas yang potensial mengakibatkan kecelakaan lalu lintas, juga teguran dan himbauan agar tertib di jalan raya.  Baik mematuhi  peraturan lalu lintas maupun kendaran bermotor tersebut juga  harus lengkap dokumen dan lainnya.
“Untuk operasi patuh progo ini kami menerjunkan 800 personil di seluruh wilayah hukum Polda DIY,” tambahnya. (sindonews)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Operasi Patuh Progo 2018 Sasar Pelanggar Lalu Lintas"

Posting Komentar