Prosentase ABJ Di Ngemplak Dibawah Standar



Petugas Pokjanal  DBD Sleman memeriksa jentik di tempat penampunag air saat GJB di Ngempak, Umbulmartani,  Ngempak, Sleman, Jumat (13/4/2018)


SEMBADA.ID – Prosentase angka bebas jentik (ABJ) di wilayah Ngemplak, Sleman masih dibawah stantar. Terbukti saat tim kelompok kerja operasional (Pokjanal) demam berdarah dengue (DBD) Sleman melakukan Gerakan Jumat Bersih (GJB) dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di Ngemplak 1 dan Ngemplak II, Umbulmartani, Ngemplak, Sleman, Jumat (13/4/2018) ABJ dibawah target nasional 95%.

Di Ngemplak I, dari 84 rumah,  terdapat 11 rumah yang belum bebas jentik atau baru 85,17%.  Begitu juga di Ngempak II, dari 60 rumah, empat rumah masih ada jentik atau baru 93%.

Ketua Tim Pokjanal  DBD Sleman, Novita Krisnaeni mengatakan dengan hasil tersebut,  meminta agar masyarakat menjaga kebersihan lingkungan dan juga meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat(PHBS). Di antaranya dengan melakukan PSN secara rutin.

“Minimal  seminggu sekali membersihkan penampungan air. Sebab siklus jentik menjadi nyamuk dewasa dalam waktu satu minggu,” kata mantan Direktur RSUD Prambanan saat GJB dan PSN di Ngempak, tersebut.

Camat Ngemplak, Siti Wahyu Purwaningsih menambahkan sebagai upaya untuk mengantisipasi DBD, telah membuat program sambang rumah, terutama tempat-tempat kost. Diharapkan dengan program ini akan dapat menekan berkembangnya jentik nyamuk di wilayah Ngemplak. (wpr)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Prosentase ABJ Di Ngemplak Dibawah Standar"

Posting Komentar