SMK Muhammadiyah Pakem Buat Mobil Balap Formula 1 Listrik


Bupati  Sleman Sri Purnomo saat mencoba  mobil listrik SMK Muhammdiyah Pakem,  di halaman sekolah tersebut,  Sabtu (14/4/2018). Foto  sembada.id/IAP

SEMBADA.ID – SMK Muhammadiyah Pakem berhasil membuat kendaraan  masa depan yang ramah lingkungan, yaitu mobil  ‘balap formula 1’ listrik.  Bupati Sleman Sri Purnomo secara resmi melaunching mobil tersebut  bertepatan dengan  milad ke 45 SMK Muhammadiyah Pakem, Sabtu (14/4/2018).  Termasuk juga mencoba mobil listrik itu di halaman sekolan setemnpat. Pimpinan DPRD Sleman, R. Inoki Azmi Purnomo, Hanum Salsabiela Rais dan Camat Pakem Suyanto ikut  menghadiri kegiatan ini.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengapresiasi atas keberhasilan SMK Muhammadiyah Pakem itu.  Sri Purnomo  juga  berpesan agar sekolah mampu menciptakan kreativitas bagi siswa serta menghasilkan karya-karya dalam mencetak siswa yg unggul dan siap bersaing setelah lulus.

“ Apabila sekolah mampu mencetak siswa yg berprestasi tentu lulusan SLTP/Mts akan berbondong-bondong mendaftar sebagai siswa SMK Muhammadiyah Pakem,” ungkapnya.

Hal yang sama juga diungkapkan penulis buku I Am Sarahza Hanum Salsabiela Rais. Menurutnya dalam persaingan dunia kerja yang ketat, selain harus kreatif,  sekolah juga harus terus melakukan inovasi.  Sehingga akan menjadi sekolah yang unggul dan tentunya akan menghasilkan para wirausaha muda yang handal dan karyanya akan bermanfaat bagi masyarakat.

“Dengan begitu, peluang kerja akan semakin terbuka sehingga dapat menekan angka pengangguran,” paparnya.

Untuk itu SMK Muhammadiyah Pakem yang telah mampu membuat mobil listrik dengan model mobil F1, kedepan semoga mampu membuat karya yang lebih dapat di manfaatkan masyarakat dan dapat di produksi secara massal

“Film-film dan buku hasil karya saya juga  merupakan buah dari kreatifitas. Generasi jaman now harus bercita-cita untuk menjadi pengusaha serta mampu menciptakan lapangan usaha,” ungkapnya.

Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Pakem Sigit Rohmadiantoro menjelaskan mobil listrik karya anak didiknya tersebut didesain sebagai mobil balap  yang mampu melaju dengan kecepatan 100 Km/jam.  Sumber tenaganya memakai baterei accu tegangan 48 volt 100 ampere. Saat dilakukan uji coba, mampu menaklukkan tanjakan terjal dengan kemiringan 45 derajat.

“Dalam pengoperasiannya, mobil ini harus dicharge baterainya setiap 4 sampai 5 jam, atau setelah menempuh jarak sekitar 60 Km," jelasnya. (iap)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SMK Muhammadiyah Pakem Buat Mobil Balap Formula 1 Listrik"

Posting Komentar