Sosialisasikan Museum Lewat Lomba Cerdas Cermat




Kepala dinas kebudayaan (Disbud) Sleman Aji Wulantara menyerahkan  piala kepada juara lomba cerdas cermat  museum tingkat SMP se Sleman di MGM, Jalan Kaliurng KM 22,7 Hargobinangun,  Pakem,  Rabu (25/4/2018).




SEMNADA.ID – Museum sebenarnya satu di antranya  sektor  pendukung  pariwisata edukasi di Sleman.  Hanya saja belum semua masyarakat menjadikan meuseum sebagai sarana untuk menimba ilmu. Indikasinya  secara prosentase yang mengunjung  museum  baru 1,5%  dari  wisatawan.  Untuk itu, berbagai langkah terus dilakukan pemkab Sleman guna meningkatkan jumlah kunjungan ke museum. 

Satu di antaranya dengan menggelar lomba cerdas cermat  tentang museum tingkat SMP se Sleman.  di museum gunung merapi (MGM),  Jalan Kaliurng KM 22,7 Hargobinangun,  Pakem,  Rabu (25/4/2018).  Lima SMP mengikuti lomba ini, masing-masing  SMPN 1 Pakem, SMPN 2 Tempel, SMPN 1 Godean, SMPN 1 Kalasan, dan SMPN 1 Depok.

Kepala Dinas Kebudayaan  (Disbud) Sleman  Aji Wulantara mengatakan alasan dipihnya tema museum yaitu, sesuai dengan UU  11/ 2010 bahwa museum merupakan tempat edukasi bagi generasi muda. Ia mengatakan museum merupakan bagian dari media peradaban manusia.

“Dengan mengenal perdabannya kita akan lebih mencintai sesama, menghormati sesama, sehingga dapat hidup guyub dan rukun.” Kata Aji.

Tema ini diangkat agar museum kembali dikenal dan dicintai. Ia menegaskan bahwa masyarakat jangan berpresepsi yang keliru bahwa museum adalah tempat yang angker, namun museum adalah tempat untuk menimba ilmu pengetahuan.

Untuk itu  berharap melalui Lomba tersebut para peserta lomba dapat menjadi kader di sekolahannya masing-masing untuk menyuarakan bahwa museum layak untuk dikunjungi, sehingga akan tumbuh dengan luasnya pengetahuan dan intelektual  akan diimbangi dengan kecerdasan sosial budaya.

Juara  pertama dalam lomba cerdas cermat itu,  SMPN 1 Depok, juara kedua SMPN 1 Kalasan, dan juara ketiga SMPN 1 Godean.  Jjuri pada lomba tersebut  Petrus Lajim guru dari SMPN 1 Sleman dan Tri Marwidiningsih guru dari SMPN 2 Sleman. (sbd)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sosialisasikan Museum Lewat Lomba Cerdas Cermat"

Posting Komentar