Wukirsari Wakil Sleman Lomba Desa Tingkat DIY 2018



Tim evaluasi lomba desa DIY melakukan penilaian di desa Wukirsari, Cangkringan, Sleman, di kantor desa setempat, Senin (30/4/2018)

SEMBADA.ID – Desa Wukirsari,  Cangkringan mewakili Sleman maju lomba desa tingkat DIY 2018.  Ini lantaran, Wukirsari dinilai berhasil  dalam  melaksanakan  program kerja,  terutama soal adminsitasi  dan inovasi pembangunan, baik yang menyangkut fisik maupun produk unggulan di desa tersebut. Untuk kepentingan ini,   Tim Evaluasi Pemda  DIY melakukan penilaian di Wukirsari,  Senin (30/4/2018).

Tim Evaluasi yang dipimpin  Jarot Budiharjo, selain menilai laporan administrasi penyelenggaraan pemerintah baik desa maupun dusun di Wukirsari, juga melihat  langsung inovasi dan produk unggulan serta  dusun  yang menjadi sampel dalam lomba ini.



Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun mengatakan evaluasi perkembangan desa atau perlombaan desa tersebut merupakan salah satu strategi dan upaya untuk mengoptimalkan pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan desa.

“Evaluasi ini merupakan momentum yang sangat tepat untuk kembali mengajak masyarakat ikut berpartisipasi dalam memangun desanya,” kata Muslimatun  di sela-sela penilaian lomba di balai desa Wukirsari tersebut.

Terlepas dari itu, yang lebih penting lagi, kegiatan masyarakat dalam membangun dan mengembangkan desa, harus terus ditingkatkan, bukan hanya pada saat mengikuti lomba, setelah itu tidak ada aktivitas lagi,  namun harus berkesimanbungan.


Ketua Tim Evaluasi Pemerintah DIY, Jarot Budiharjo mengatakan pelaksanaa perlombaan desa dan keluharan tingat DIY 2018 harus diselaraskan dengan prinsip otonomi daerah. Dimana pendekatan atau model pembangunan partisipatif dan keterlibatan serta masyarakat merupakan model yang diterapkan dan yang paling relevan dengan situasi dan kondisi masyarakat indonesia saat ini baik di kota maupun di desa.

“Masyarakat diharapkan lebih siap dan mampu membangun dirinya menuju tatanan masyarakat yang maju, sejahtera dan mandiri,” jelasnya.

Untuk itu, melalui  lomba desa ini harus mampu membangun kembali dan meletakkan nilai-nilai dasar budaya serta merubah cara hidup dan etos kerja masyarakat dengan dilandasi semangat kebersamaan sehingga mampu mendukung pemberdayaan masyarakat dan berhasil membangun desa. Termasuk mampu menciptakan kekuatan swadaya dan gotong royong masyarakat, sehingga mampu memberikan kontribusi untuk perubahan di tingkat desa nuju kondisi yang semakin baik. (sbd)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Wukirsari Wakil Sleman Lomba Desa Tingkat DIY 2018"

Posting Komentar