Baznas Sleman Prioritaskan Enam Program Unggulan



SEMBADA.ID -  Zakat, infak dan sedekah yang dikeloka  Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sleman  disalurkan melakui enam program unggulan.  Yaitu Sleman Sehat, Sleman Produktif, Sleman Cerdas, Sleman Membangun, Sleman Peduli dan Sleman Taqwa.  Pemilihan program ini bukan tanpa sebab. Selain sebagai bentuk pertanggungjawaban,  program tersebut juga dinilai  selaras dengan program prioritas  Sleman yaitu mengurangi angka kemiskinan.

Ketua Baznas Sleman, Kriswato menjelaskan  keenam program unggulan  tersebut memiliki peruntukkannya masing-masing.  Sleman Produktif merupakan bantuan yang berkaitan dengan kewirausahaan.  Dalam hal ini bantuan yang disampaiakan berupa modal usaha maupun alat yang menunjang usaha.

 Adapun Sleman Sehat, bantuan ini diperuntukkan bagi mereka yang berhak menerima zakat yang memerlukan bantuan kesehatan dan lebih diutamakan bagi mereka yang memiliki tunggakan biaya perawatan rumah sakit.

Sedangkan Sleman Cerdas, merupakan bantuan berupa beasiswa kepada siswa dari keluarga yang tidak mampu. Adapun Sleman Membangun merupakan bantuan yang implementasinya yaitu dengan melakukan pembangunan bagi rumah yang tidak layak huni serta, Sleman Peduli yaitu bantuan yang diperuntukkan bagi korban bencana.

“Meski begitu, secara umum sebenarnya    semua  golongan asnaf (yang berhak menerima zakat)  yaitu  Fakir, Miskin, Riqab, Mualaf, Fiisabilillah, Ibnu sabil dan Amil Zakat pada dasarnya dapat mengakses program itu. untuk enam program unggulan ini sebagai implementasinya,” kata Kriswanto, di ruang kerjanya,  Kamis (31/5/2018).



Kriswanto  menambahkan bantuan yang dihimpun Baznas diberikan setiap bulannya kepada para mustahiq.   Untuk itu  masyarakat yang berminat mengakses bantuan Baznas bisa mengajukan proposal yang ditujukan kepada ketua Baznas Sleman,   diketahui oleh Kantor Urusan Agama dan kecamatan setempat.

“Setiap proposal yang dikirimkan akan diverifikasi oleh petugas Baznas,”  ungkapnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Baznas Sleman Prioritaskan Enam Program Unggulan"

Posting Komentar