Gunung Merapi Sering Freatik, Masyarakat Diminta Tingkatkan Kewaspadaan

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida (tiga dari kanan) melakukan rapat koordinasi pimpinan di pemkab Sleman, Rabu (23/5/2018)


SEMBADA.ID - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mengimbau masyarakat, terutama yang ada di lereng Merapi yang terdampak erupsi Merapi untuk selalu waspada terhadap meningkatnya aktivitas Gunung Merapi.

Terakhir Gunung Merapi kembali freatik,  Rabu (23/5/2018) pukul 13.49 WIB durasi 2 menit.  Ini freatik ke dua setelah pagi harinya pada pukul 03.31 WIB juga freatik durasi 4 menit dengan ketinggian kolom 2000 meter arah barat daya.  Bahkan hal tersebut membuat warga Turgo,  Purwobinangun,  Pakem, Sleman sempat bergeser ke titik kumpul di SD Sanjaya Tritis dusun setempat.

“Karema saat ini Gunung Merapi masih menunjukkan adanya aktivitas erupsi freatik dan diprediksikan masih akan terjadi hingga beberapa hari ke depan, maka mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap hal-hal yang mungkin bisa terjadi ke depannya,” kata kepala BPPTKG Hanik Humaida, rapat koordinasi pimpinan di pemkab Sleman, Rabu (23/5/2018)

Selain itu, masyarakat juga dihimbau untuk tidak mudah terpengaruh oleh berita yang tidak diketahui secara pasti dari mana sumbernya. Hanik menyarankan masyarakat untuk meng-update berita yang dikeluarkan oleh lembaga resmi, seperti BPPTKG.

“Kami sudah menyediakan media center yang siap melayani 24 jam penuh. Bisa diakses baik itu melalui web, twitter, facebook atau Instagram. Kita juga melayani call center di 0274 514180,” ungkapnya.

Bupati Sleman, Sri Purnomo menambahkan masyarakat selalu memantau informasi terkait perkembangan aktivitas Gunung Merapi dari media resmi pemerintah. Dia juga berharap bisa lebih selektif dalam menerima informasi. Dia berharap masyarakat tidak mudah mempercayai berita hoax yang tersebar di berbagai media sosial.

“Kalau kita mengambil beritanya dari media resmi milik pemerintah, maka beritanya akan berdasarkan kajian yang ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan,”  tutur Sri Purnomo.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gunung Merapi Sering Freatik, Masyarakat Diminta Tingkatkan Kewaspadaan"

Posting Komentar