Harga Beberapa Komoditi Kebutuhan Pokok di Sleman Mulai Naik



Petugas  gabungan TPID  Pemda DIY dan Pemkab Sleman serta BI perwakilan DIY  saat melakukan pantauan harga di pasar Godean, Rabu (9/5/2018). Foto sembada.id/dery s



SEMBADA.ID - Harga barang-barang komiditi  kebutuhan pokok di Sleman delapan hari seblum puasa mulai merangkak naik. Satu di antaranya seperti yang ada di pasar Godean, rata-rata harga di tempat ini, naik antara Rp2000-Rp5000. Hal itu diketahui setelah Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DIY dan Sleman serta Bank Indonesia perwakilan DIY melakukan pantauan harga kebutuhan pokok di pasar tersebut, Rabu (9/5/2018).

Adapun barang komoditi  yang naik antara lain telur ayam dan bawang putih.  Telur  ayam dari Rp23.000 menjadi Rp25.000 per  kilogram (kg), sedangkan bawang putih dari Rp22.000 menjadi Rp28.000 per kg.

 Untuk harga-harga lainnya, seperti  beras, daging sapi, cabe, minyak goreng, dan ikan laut masih dalam harga yang stabil. Bahkan untuk cabe rawit merah justru  mengalami penurunan yaitu dari  Rp20.000/Kg menjadi Rp18.000/Kg.

Kepala Biro Adminsitrasi Perekonomian dan SDA Setda DIY  Sugeng  Purwanto mengatakan  selain sebagai kegiatan rutin, pantaun ini juga untuk memperoleh data harga serta kondisi ketersediaan stok  bahaan pokok di pasar tradisional menjelang puasa. Sebab biasaya siklus di DIY saat seperti ini harga-harga mengalami kenaikan.  Sehingga sebagai tim pengendali  inflasi harus mengetahui secara langsung di lapangan.

“Pemantauan harga tersebut juga  sebagai upaya  tindak lanjut akan adanya fluktuasi harga,”  kata Sugeng  di sela-sela pemantaun harga  di pasar Godean tersebut.

Sugeng menjelaskan meski beberapa komoditi kebutuhan pokok  ada kenaikan harga,  namun  masyarakat  tidak perlu kawatir karena stok sampai lebaraan bahkan usai lebaran nanti cukup.

“Untuk stok  sembako  dan komoditas lainnya tetap aman dan terkendali,” paparnya.

Hal yang sama diungkapkan Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY Sri Fitriani.  Menurutnya dari pantauan di pasar Godean  secara umum harga relatif stabil. Mengenai  beberapa harga komoditas yang naik pihaknya akan melakukan pemantauan terus mulai dari pemasok hingga pengecer di pasar. Termasuk bekerjasama dengan distributor untuk memastikan pasokan sesuai dengan kebutuhan pasar.


“Sekarang yang terpenting adalah menjaga jumlah pasokan sesuai dengan permintaan selama bulan Ramadhan,” tambahnya.(der)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Harga Beberapa Komoditi Kebutuhan Pokok di Sleman Mulai Naik"

Posting Komentar