Kementerian Desa PDTT Targetkan 2019 Semua Desa Miliki BUMDes



Menteri desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi, Eko Putro Sandjodjo memberikan keterangan soal target 2019 semua desa memiliki BUMDes usai kerjasama BUMDes dengan Lion Parcel di balai besar latihan masyarkat (BBLM) DIY di Beran, Tridadi, Sleman,  Jumat (25/5/2018)


SEMBADA.ID - Kementerian desa pembangunan desa tertinggal dan transmigrasi (Kemen Desa PDTT) menargetkan tahun 2019 semua desa di Indonesia memiliki badan usaha milik desa (BUMDes). Saat ini dari 74.053 desa di Indonesia, yang sudah memiliki BUMDes baru 39 ribuan.  Untuk itu, berbagai upaya terus dilakukan guna mewujudkan target tersebut. Baik melalui pelatihan maupun pendampingan.


Menteri desa PDTT Eko Putro Sandjodjo mengatakan keberadaan BUMDes ini memiliki arti penting, bukan hanya untuk pengembangan potensi yang ada di desa tersebut, namun juga dalam meningkatkan kesejahteraa masyarakat setempat. Karena itu, selain meningkatkan kapasitas pengurus BUMDes dalam mengelola usaha tersebut, juga dengan memberikan pelatihan dan pemberdayaan serta pemberdayaan masyarakat dalam mengolah potensi di desanya itu.


“Terbukti dengan adanya BUMDes ini beberapa desa mulai menunjukkan hasilnya, terutama kesejahteraan dan pendapatan warganya meningkat,” kata Eko usai MoU kerjasama  distribusi produk BUMDes dengan Lion Parcel di balai besar latihan masyarkat (BBLM) DIY di Beran, Tridadi, Sleman,  Jumat (25/5/2018)


Untuk itu, terus akan memberikan pendampingan dan pelatihan dalam pengelolaan BUMDes ini. Apalagi dari 39 ribu BUMDes yang sudah ada belum semuanya menunjukkan hasil yang bagus, sehingga masih perlu mendapatkan pendampingan secara kontinyu.  Termasuk dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 juga memberikan pelatihan bagaimana mengelola BUMDes secara virtual.


“Pelatihan diwujudkan dengan membuka akademi teknologi 4.0 bagi BUMDes. BUMDes nantinya akan mendapatkan sertifikasi,”  paparnya.


Hal lainnya juga dengan mempublikasikan BUMDes yang berhasil dalam mengelola potensi di desanya. Diharapkan dengan mengetahui keberhasilan tersebut dapat menjadi contoh desa lain dalam mengelola BUMDes di desanya. Termasuk mengandeng Lion Parcel untuk memasarkan dan mendistribusikan produk BUMDes ke tempat lain.


Selain itu, untuk pemberdayaan masyarakat desa juga dengan mengulirkan dana desa.  Dimana dengan dana desa ini dapat dimanfaatkan untuk pemberdayaan ekonomi selain untuk kegiatan sarana dan prasarana di desa tersebut.  Terbukti dengan dana desa berhasil menekan angka kemiskinan hingga 10 juta. Jika ini konsisten tidak menuntup kemungkinan 6 tahun di Indonesia tidak ada lagi kemiskinan.


“Karena itu untuk pemanfaatan dana desa harus terus kontinyu, termasuk untuk anggarannya juga akan ditambah. Tahun 2018 Rp60 trilyun tahun depan akan ditambah menjadi Rp73-80 trilyun,” ungkapnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kementerian Desa PDTT Targetkan 2019 Semua Desa Miliki BUMDes"

Posting Komentar