Kirab Bedol Projo Napak Tilas Perpindahan Kantor Kabupaten Sleman



Pasukan bergodo melakukan kirab mengawai HUT Sleman ke 102, Selasa (15/5/2018)

SEMBADA.ID – Pemkab Sleman menggelar kirab bedol  projo  mengawali puncak  hari jadi Sleman ke 102, Selasa (15/5/2018). Kirab yang menempuh  jarak 15 km tersebut merupakan napak tilas berpindahnya kantor kabupaten Sleman dari Ambarukmo di Jalan Yogya-Solo Caturtunggal, Depok ke kantorkabupaten yang sekarang di  Beran, Tridadi, Sleman

Bedol projo di awali dengan penyerahan dokumen dari  juru kunci atau pengageng Ambarukmo kepada ketua I panitia hadi  Arif Pramana di plataran Ambarukmo.  Hadir pada kesempatan tersebut semua camat dan kepala desa se kabupaten Sleman.  Selanjutnya dikirab dengan menaiki kereta dan  andong sebanyak 25 kereta.

Urutan kirab bregodo tersebut pertama  4 pasukan berkuda, komunitas sepeda onthel kuno, diikuti kereta yang dinaiki panitia hari jadi Kabupaten, kereta dimas diajeng dan diikuti pasukan  bregodo Camat dan kepala desa.  Sebagai pembuka jalan diawali dengan kesenian gamelan yang dimainkan live di atas 2 kendaraan tronton.

Kirab mengawal dokumen dari Ambarukmo tersebut dengan menyusuri  Jalan Solo ke arah Barat, Perempatan Tugu,  sampai perempatan Pingit, menyusuri jalan Magelang dan kumpul di Tugu Adipura Mulungan, selanjutnya berangkat menuju Pendopo Parasamya kabupaten Sleman dengan jalan kaki.

Di Pendopo Parasamya dokumen yang dibawa dari Ambarukmo oleh ketua panita hari jadi 102 Sleman diserahkan kepada Bupati Sleman Sri Purnomo didampingi seluruh pejabat Pemkab Kabupaten Sleman.

Prosesi Bedhol Projo merupakan  upaya merekonstruksi peristiwa bersejarah memindah pusat pemerintahan Kabupaten Sleman dari Petilasan Dalem Pendopo Ambarukmo ke Desa Beran, Tridadi, Sleman tahun 1964. Dimana saat ini bupati Sleman dijabat KRT Murdodoningrat. Saat itu pula kabupaten Sleman memiliki lambang daerah dengan bentuk persegiempat yang melambangkan prasaja dan kekuasaan.

Selama berada di Ambarukmo sejak tahun 1947, tercatat ada lima bupati yang menjabat, yaitu KRT Pringgodiningratan (1945-1947), KRT Projodiningratan (1947-1950), KRT Diponingiratan (1955-1959) dan KRT Murdodiningrat (1959-1974)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kirab Bedol Projo Napak Tilas Perpindahan Kantor Kabupaten Sleman"

Posting Komentar