KMB Sekolah Berdampak Freatik Merapi Berjalan Normal




SEMBADA.ID - Kegiatan belajar Mengajar (KMB) sekolah dasar (SD) yang ada di lereng gunung Merapi dan terdampak letusan freatik serta perubahan status Merapi dari normal menjadi waspasa tetap berjalan seperti biasa. Meskipun begitu keberadaannya tetap dalam pengawasan instansi terkait, sehingga saat keadaan kontigenji segera dapat melakukan evakuasi.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman Sri Wantini mengatakan, untuk sekolah yang lokasinya ada di atas tetap normal,  belum ada rencana untuk memindahkan. Diharapkan para siswa tetap tenang dalam belajar,  apalagi sekarang baru ujian sekolah. Namun begitu sudah ada sister school jika keadaan darurat sehingga sekolah harus dipindah.

"Ada lima sekolah yang ada di atas,  yaitu SD Srunen, Kepuharjo dan Umbulharjo 2 di kecamatan Cangkringan serta SD Kaliurang 1 dan SD Sanjaya Tritis di kecamatan Pakem, " kata Sri Wantini seusai rapat konsolodasi peningkatan status gunung Merapi menjadi waspada di Posko Utama badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Sleman di Pakem,  Sleman,  seperti yang dilansir sindonews, Selasa (22/8/2018).

Sri Wantini menjelaskan, meskipun sekolah tersebut posisinya berada di atas,  namun untuk jaraknya dari puncak Merapi 6 kilometer (km). Jadi dari sisi jarak juga masih aman sebab di luar rekomendasi BPPTKG,  yaitu 3 km.  Hanya saja tetap menunggu perkembangan dan rekomendasi serta informasi dari instansi terkait. "Kami tetal akan memantau terus perkembangan dari BPPTKG, " jelasnya.

Bupati Sleman Sri Purnomo menambahkan karena tidak ada rekomendasi untuk mengungsi maka untuk kegiatan belajar mengajar di sekolah tetap berjalan seperti biasa. Meski begitu petugas tetap waspada dan siap siaga termasuk menyiapkan sarana dan prasaran evakuasi saat kondisi berbahaya.

"Petugas gabungan BPBD Sleman, BPBD DIY, Satpol PP dan Basarnas mensiagakan mobil di beberapa sekolah dasar sebagai bentuk antisipasi dan kewasapadaan," tambahnya


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KMB Sekolah Berdampak Freatik Merapi Berjalan Normal"

Posting Komentar