Merapi Landai, Obyek Wisata Lereng Merapi Mulai Beroperas





Kawasan wisata Kaliurang siap menerima wisatawan setelah ditutup sementara paska penetapan status Merapi menjadi Waspada, Selasa (22/5/2018) lalu

SEMBADA.ID – Pacsa penetapan status waspada Gunung Merapi 22 Mei lalu, beberapa obyek wisata yang ada di lereng Merapi Sleman, seperti di kawasan  kaliurang, Pakem, sempat ditutup.  Penutupan tersebut juga sesuai dengan surat edaran balai taman nasional gunung Merapi (TNGM).  Namun seiring dengan aktivitas Merapi yang landai beberapa obyek wisata di lereng Merapi kembali beroperasi menyambut wisatawan, Selasa (29/5/2018).

Kabid Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencan Daerah (BPBD) Sleman Makwan mengatakan dari pantaun memang sudah ada obyek wisata di lereng Merapi yang beroperasi lagi, di antaranya Bukit Klangon Glagaharjo Cangkringan dan Kaliurang  di luar wilayah TNGM  termasuk lava tour juga sudah beraktivitas.  Termasuk di sungai Gendol juga sudah  ada yang mulai menambang secara manual. Untuk alat berat  masih berhenti.

“Namun kami tetap meminta masyarakat tetap waspada, sebab status Merapi masih waspada,” kata Makwan, Selasa (29/5/2018).

Makwan menjelaskan dengan status waspada tersebut, untuk radius 3 kilometer dari puncak Merapi untuk tetap dikosongkan dan tidak boleh ada aktivitas, terutama pendakian dan mencari rumput. Bagi masyarakat yang  tinggal di kawasan rawan bencana (KRB) III diminta untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap aktivitas Merapi.

“Pemantauan di wilayah utara (Turgo, Kaliruang, Glagaharjo) tetap kami lakukan dan siaga di Poko utama BPBD Sleman di Pakem,”  ungkapnya.

Menurut Makwan  untuk aktivitas Merapi sendiri dari pantaun seismik landai, hanya saja secara visual dan CCTV tidak terlihat sebab tertutup kabut. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Merapi Landai, Obyek Wisata Lereng Merapi Mulai Beroperas"

Posting Komentar