Pelaku Pidana Fidusia , Diganjar 5 Bulan


PN Sleman menggelar sidang putusan fidusia yang melibatkan PT MNC Finance Yogyakarta dengan terdakwa Wisnu Purwantari, di PN setempat, Kamis (17/5/2018)

SEMBADA.ID - Wisnu  Purwantari,  39  warga Tegalrejo, Yogyakarta  dijatuhi pidana lima bulan penjara atas dugaan pidana yang dilakukannya. Dia juga dipidana denda Rp5 juta subsider dua bulan kurungan. Wisnu dinilai bersalah mengalihkan mobil yang dibiayaan PT MNC Finance ke pihak lain. Tanpa hak mengalihkan, menjadi obyek jaminan fidusia tanpa persetujuan dari penerima fidusia. 

Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Sleman yang diketuai Christina Endarwati menyatakan, terdakwa bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana pasal 36 Undang-Undang (UU) Nomor 42/ 1999 tentang Jaminan Fidusia. 

Dalam putusannya, hakim juga meminta terdakwa untuk mengembalikan sejumlah barang bukti (dokumen dan mobil) ke PT  MNC Finance . 

Vonis hakim itu diketahui lebih rendah dua bulan dibandingkan tuntutan jaksa  penuntut umum (JPU) dari Kejari Sleman, Nila Maharani. Dimana JPU menuntut 7 bulan dan denda Rp10 juta subsider 2 bulan.

Perkara yang menyeret Wisnu bermula saat ia mengajukan pembiayaan ke PT MNC Finacne  Cabang Yogyakarta  tahun 2014 untuk membeli satu unit Mobil Hyudai  tahun  2002  warna hitam.  Akad kredit dilakukan 5 Februari 2014 dengan pokok hutang Rp58,3 juta.

Pembiayaan tersebut akan diangsur selama 48 bulan atau 4 tahun per bulannya Rp1,8 juta.

Seiring waktu, pada 25 September 2015,  tanpa seijin dan tanpa sepengetahuan PT MNC Finanace.  Wisnu memindahtangankan mobil itu ke PT Surgika sebagai jaminan, karena Wisnu yang merupakan karyawan PT tesebut memiliki hutang Rp500 juta kepada perusahaan tersebut.

Wisnu kepada MNC Finance baru membayar angsuran 27  kali atau masih tersisa 21  kali.  Atas hal itu, PT MNC Finance mengirimkan colector untuk melakukan penyelesaian, karena mobil tersebut masih dalam posisi kredit, sehingga berhak menguasai barang itu. 

Hanya saja PT Surgika tidak memberikannya.  Alasannya itu sudah menjadi hak PT Surgika.  Karena tidak ada titik temu kasus tersebut dilaporkan ke Polda DIY, 24 November 2016. Setelah melakukan pemeriksaan dan pemanggiilan terlapor dan saksi-saksi akhirnya kasus itu di bawa ke PN Sleman dan sudah tahap putusan.

Atas putusan ini, sebelum mengetuk palu tanda selesainya sidang, majelis hakim menawarkan kepada terdakwa, JPU dan PT MNC Finance apakah menerima atau melakukan banding.


“Kami  memberikan waktu 7 hari untuk  jawaban tersebut,” kata ketua majelis hakim Christina Endarwati. .

PT MNC Finance,  JPU dan terdakwa menyatakan pikir-pikir. “kami akan berdiskusi dulu dengan tim legal MNC Finance, apakah menerima atau tidak,” kata BM PT MNC Finance Yogyakarta Hadi Susanto.  Hal yang sama diungkapkan JPU, Nila Maharani. Ia mengatakan untuk masalah ini masih pikir-pikir.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pelaku Pidana Fidusia , Diganjar 5 Bulan"

Posting Komentar