Puspaga Tempat Konseling Keluarga Sleman





Bupati Sleman Sri Purnomo meresmikan kantor pusat pembelajaran keluarga (puspaga) Sleman di Jalan Candisari No 2 Beran, Tridadi, Sleman, Rabu (2/5/2018). Foto sembada.id/dery

SEMBADA.ID  -  Bupati Sleman Sri Purnomo meresmikan Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) di Jalan Candisari No. 2, Beran, Tridadi, Sleman, Rabu (2/5/2018). Puspaga tersebut untuk meningkatkan kemampuan keluarga di  Sleman dalam mengasuh dan melindungi anak.

Kepala Dinas P3AP2KB Sleman  Mafilindati Nuraini menjelaskan di kantor Puspaga pihaknya menyediakan ruangan tunggu bermain anak, ruang konseling anak dan konseling dewasa. Selain itu juga telah tersedia tenaga profesional yang siap mendampingi dan memberikan bimbingan kepada masyarakat yang membutuhkan. Puspaga ini ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat yang memerlukan pendampingan atau konseling.

“Kita telah menyiapkan dua orang psikolog dan satu orang administrasi untuk memberikan konseling kepada masyarakat,” jelasnya.

Pendampingan ini menurut Linda bisa untuk berbagai macam keperluan, seperti keperluan rumah tangga, masalah remaja, parenting, dsb. Selain itu, Linda juga menjelaskan bahwa layanan konseling tersebut tidak hanya terbatas dilakukan di Kantor Puspaga Namun menurutnya pelayanan dapat dilakukan dengan memanggil psikolog yang telah disediakan untuk datang ke rumah warga.

“Masyarakat bisa langsung datang ke Puspaga. Atau bisa juga dipanggil untuk datang ke rumah warga jika dibutuhkan,” tuturnya.

Linda juga menegaskan bahwa pelayanan ini dilakukan secara gratis. Lebih lanjut dia juga menyampaikan bahwa setiap masyarakat yang melakukan konsultasi akan dijamin kerahasiaan identitasnya.

Adapun jadwal pelayanan Linda menjelaskan dibagi menjadi tiga yaitu, Konseling Perkawinan hari senin, rabu, dan jum’at mulai pukul 09.00-14.00. Konseling Tumbuh Kembang Anak dilayani hari Senin – Jum’at pada pukul 09.00. Sedangkan Pelayanan Konseling Pengasuhan hari Senin – Jumat pada pukul 09.00 – 14.00.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan dengan kompleksifitas kehidupan masyarakat yang tinggi saat ini sehingga perlu adanya pendampingan secara psikologi untuk masyarakat. Melalui peresmian Puspaga tersebut ia berharap Pemerintah Kabupaten Sleman dapat lebih maksimal melayani masyarakat didalam hal pelayanan psikologi.

Masyarakat boleh manyampaikan keluhannya tentang anak atau kekerasan dalam keluarga dengan kerahasiaan identitas yang dijaga. Kemudian ia Menghimbau kepada masyarakat agar memanfaatkan pelayanan tersebut secara optimal.

“kami sangat terbuka dan senang bisa menjadi problem solving bagi masyarakat dalam hal psikolog,” kata Sri Purnomo.(der)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Puspaga Tempat Konseling Keluarga Sleman"

Posting Komentar