Serunya Padusan Di Sedang Blue Lagoon



Suasana padusan di sendang Blue Lagoon Dalem, Widodomartani.  Ngemplak,  Rabu (16/5/2018).



SEMBADA.ID - Padusan merupakan tradisi yang dilakukan untuk menyambut bulan ramadhan.  Biasanya satu hari sebelum pelaksanaan puasa. Padusan sendiri umumnya dilaksanakan di pantai atau mata air,  seperti sendang atau umbul. Hal tersebut juga dilaksanakan di sendang Blue Lagoon Dalem, Widodomartani.  Ngemplak, Sleman, Rabu (16/5/2018).


Ribuan orang sejak pagi berbondong-bondong menuju ke tempat tersebut. Mereka yang datang kebanyakan rombongan dan mayoritas adalah anak-anak dan remaja, meski orang dewasa juga turut larut dalam kebahagian.


Peserta padusan bukan hanya warga sekitar namun juga luar daerah bahkan luar propinsi DIY. Semakin sore jumlah yang akan melakukan padusan semakin banyak.


Ditemui disela-sela padusan warga Jangkang, Widodomartani, Ngempak, Antok, 15 mengaku bahwa dirinya sengaja datang ketempat itu untuk melakukan padusan bersama teman-temannya.
"Tadi saya kesini bersama 8 orang teman saya. Kesini ya cuma ingin padusan saja," ucapnya saat ditemui, Rabu (16/5/2018).


 Pengelola  sendang Blue Lagoon,  Suhadi mengatakan untuk tradisi padusan tersebut ada tiga tempat,  yaitu sendang lanang (Pancuran), sendang umbul wadon dan pemandiam tirta budi pulungan.  Dari tiga tempat tersebut,  yang paling banyak digunakan padusan di pemandian tirta budi pulungan.


"Di tempat ini,  air selalu berubah,  pagi warnanya jernih,  siang biru dan sore hijau.  Inilah mengapa tempat ini disebut Blue Lagoon," terangnya.


Pengelola sendiri menargetkan dikunjungi 1500 orang.  Untuk hari biasa rata-rata 200 orang pengunjung.  Tiket masuk ke lokasi Rp10 ribu. Sudah termasuk parkir dan minuman. Untuk minuman disediakan berbagai jenis,  yaitu jahe serai,  kopi, jeruk dan teh.


"pengunjung dipersilakan memilih. Untuk minuman khas sendiri jahe serai, " terangnya. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Serunya Padusan Di Sedang Blue Lagoon "

Posting Komentar