Status Waspada Merapi, Pemkab Sleman Gelar Rapat Konsolidasi


Bupati Sleman (2 dari kiri) memimpin rapat konsolidasi status waspada Merapi di posko utama badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Sleman di Pakem,  Sleman,  Selasa (22/8/2018).

SEMBADA.ID - Pemkab Sleman menggelar rapat konsolidasi dengan semua pihak terkait,  menyikapi peningkatan status gunung Merapi dari Level I (Normal) ke Level II (Waspada). Rapat digelar di Posko Utama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman di Pakem, Sleman, DIY, Selasa (22/5/2018).

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan selain tidak lanjut 1dari peningkatan status gunung Merapi dari normal menjadi waspada, kegiatan ini juga sebagai persiapan awal, terutama apa saja yang harus dilakukan dan siapkan terhadap kondisi gunung Merapi sekarang.

"Karena itulah semua stakeholder,  dinas terkait dan kepala desa yang ada di lereng Merapi harus siap. Ini penting sebab Merapi itu aktif, " kata Sri Purnomo usai rapat konsolidasi.

Mengenai rekomendasi balai pendidikan dan pengembangan teknologi kebencanaan geologi pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi (BPPTKG) agar radius 3 kilometer (km) steril. Sri Purnomo meminta agar masyarakat mematuhi hal tersebut. Meski begitu masyarakat diharapkan tetap tenang dan tidak terpancing isu erupsi. Termasuk yang berada di kawasan rawan bencana (KRB) III selalu waspada.  Soal adanya warga yang bergerak sendiri ke bawah pasca penetapan status waspasa Merapi. Menurutnya itu menunjukkan kesadaran masyarakat dan sudah mengetahui apa yang harus dilakukan terhadap kondisi Merapi. Terbukti setelah mengetahui situasi sudah kondusif pagi harinya langsung kembali ke rumah masing-masing

"Mereka berarti siap siaga," paparnya.

Kepala pusat pengendalian BPPTKG Subandrio menambahkan meski Merapi mulai kondusif dan tenang serta untuk  perkembangan deformasi Merapi tidak signifikan dan proporsonal namun belum bisa diprediksikan ada perubahan status waspada diturunkan lagi. 

"Yang jelas untuk situasi seperti ini masyarakat tidak berlebihan dalam menyikapinya, " ungkapnya.
(sindonews)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Status Waspada Merapi, Pemkab Sleman Gelar Rapat Konsolidasi"

Posting Komentar