Kelola Limbah Medis B3, Rumah Sakit Digajar Award



Wakil bupati Sleman Sri Muslimatun menyerahkan penghargaan tata kelola limbah medis kepada perwakilan rumah sakit penerima di Java Village Resort, Pandowoharjo, Sleman, Kamis (28/6/2018). foto sembada.id/dery


SEMBADA.ID – Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan (HAKLi)  DIY  memberikan penghargaan kepada tujuh  rumah  sakit  di Yogyakarta  yang  mengolah limbah B3 (bahan berbahaya dan berancun) dengan sistem 3R (Recycle, Reuse dan Reduce).  Ketujuh rumah sakit yang mendapatkan penghargaan tersebut yaitu RS Dr.Sarjito, RS panti Rapih, Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta, Rumah Sakit Jogja, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panembahan Senopati Bantul, RSUD Sleman, PKU Muhammadiyah Yogyakarta, dan CV. Timdis.  

Penghargaan diberikan saat acara  seminar nasional sekaligus syawalan dan pengukuhan pengurus HAKLi cabang Sleman dan Kulonprogo, di Java Village Resort, Pandowoharjo, Sleman, Kamis (28/6/2018). Wakil bupati Sleman menyerahkan penghargaan itu.


Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun dalam sambutnya mengatakan  seminar  nasional mengenai limbah medis tersebut merupakan langkah yang tepat untuk menciptakan tenaga kesehatan yang sadar mengenai pentingnya pengelolaan limbah medis untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat. Apalagi posisi dan peran anggota Hakli sangat strategis dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Saya  berharap seminar ini semakin meningkatkan kesiapan tenaga kesehatan untuk meningkatkan kompetensinya sehingga lebih berdaya saing dalam dunia profesinya,” kata Muslimatun.

Muslimatun juga berharap  melalui seminar tersebut  bukan hanya sekedar untuk menambah  pengetahuan,  namun  rumah sakit  juga dapat menerapkannya, terutama  dalam pengelolaan limbah B3 menggunakan sistem 3R tersebut.

Panitia pelaksanan kegiatan Arif Wibowo menambahkan selain sebagai langkah strategis dalam pengelolaan limbah medis, khususnya limbah B3,   kegiatan tersebut  juga untuk meningkatkan tali persaudaraan dan kerjasama antar profesi ahli kesehatan lingkungan.(der)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kelola Limbah Medis B3, Rumah Sakit Digajar Award "

Posting Komentar