Kenalkan Budaya Literasi Lewat Dongeng


Peserta mendongen sedang menunjukkan kemampuannya,  dalam lomba mendongeng  guru TK dan PAUD Sleman, di Ops Room Pemkab Sleman, Kamis (7/6/2018)

SEMBADA.ID - Sebanyak 30 guru Taman Kanan-Kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Sleman me ngikuti lomba mendongeng  di Ops Room Pemkab Sleman, Kamis (7/6/2018). Selain untuk membudayakan mendogeng,   kegiatan ini sekaligus untuk mengenalkan budaya literasi  bagi anak-anak.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpuska) Kabupaten Sleman, A.A. Ayu Laksmi Dewi Tri Astika Putri mengatakan mendongeng ini penting,  Selain  sarana dalam menyampaikan pesan moral dan nilai-nilai luhur kepada anak, juga langkah awal literasi kepada mereka. Sehingga kegiatan ini harus dibudayakan.

“Mendongen juga penting bagi tumbuh kembang anak,” kata Ayu di sela-sela lomba tersebut.

Untuk itu,   Ayu berharap kegiatan ini tidak hanya dilakukan di lingkungan sekolah tetapi orang tua di rumah juga dapat menyampaikan dongeng kepada anaknya. Hal ini menurut Ayu dapat mempererat hubungan emosional antara orang tua dan anak.

“Dan itu akan menjadi modal untuk anak di masa depan yang luar biasa,” paparnya.

Sekretaris daerah (Sekda) Sleman, Sumadi  mengapresiasi kegiatan tersebut.  Menurutnya mendongeng  mempunyai dampak yang sangat positif dan tidak memerlukan banyak biaya, bahkan gratis.  Karena itu berharap kegiatan mendongeng dapat digalakkan lagi di masyarakat,  khususnya dalam rumah tangga.(sbd) 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenalkan Budaya Literasi Lewat Dongeng"

Posting Komentar