Lanud Adisutjipto Gelar Latihan Pertahanan Pangkalan



Anggota Lanud Adusutjipto, saat melaksanakan simulasi pertahanan pangkalan (hanlandi sekitar base ops lanud setempat, Kamis (28/6/2018)


SEMBADA.ID - Pangkalan udara (Lanud) Adisutjipto, Yogyakarta menggelar latihan pertahanan pangkalan (hanlan) selama dua hari Kamis-Jumat (28-29/6/2018).  Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Adisutjipto Kolonel Pnb Andi Wijanarko membuka kegiatan itu di DAAU Ops lanud setempat, Kamis (28/6/2018). 


Kegiatan  yang melibatkan  beberaoa satuan  seperti  Dislog, POMAU, PSD, Pentak, Intelpam, Paskhas dan Kesehatan ini akan berlangsung di dua tempat, yaitu Lanud Adisutjipto dan Lapangan Terbang  Gading, Playen, Gunungkidul.  


Kadisops Lanud Adisutjipto  Kolonel Pnb Andi Wijanarko selain  sebagai kegiatan tahunan, simulasi ini sekaligus untuk meningkatkan  ketrampilan anggota dan merefres kembali, tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing satuan. Terutama jika ada hal-hal yang mengancam keutuhan pangkalan. Apalagi banyak aset  TNI  AU yang harus diamankan. Terutama obyek vital yang ada di Lanud Adisutjipto. 


“Untuk itu, dalam simulasi ini tidak hanya untuk ancaman vertikal maupun horizontal, namun darimana saja yang dianggap sebagai ancaman,” ungkap Andi, di sels-sela  kegiatan tersebut, seperti yang dilansir sindonews, Kamis (28/6/2018).


Andi  menjelaskan dalam simulasi ini melibatkan alat utama sistem persenjataan (alutsista) perorangan dan anti serangan udara. Baik senjata laras panjang dan SS2.  Sedangkan secara umum, untuk

keamanan masih terkendali dan belum ada ancaman besar. Namun militer tetap harus siap. Sehingga kemampuan dan ketrampilan harus ditingkatkan.


“Karena itulah maka kemampuan harus direfres dan dilatih,” paparnya.  



Kasi Kamhanlan Lanud Adisutjipto Mayor Pas Indra Peri Lubis menambahkan dalam latihan Hanlan ini akan dilaksanakan beberapa materi yaitu pengecekan Pasukan dan perlengkapan, teori dan praktek bongkar pasang senjata, teori dan praktek penggunaan Kompas,  teori taktik regu, pleton dan  kompi serta  drill pertempuran regu, pleton dan kompi.


“Untuk  latihan di Lapangan Gading,  selain patroli menuju  dan pengintaian sasaran juga ada perebutan pangkalan. Untuk perebutan pangkalan akan dilaksanakan, Jumat (29/6/2018).(sbd)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lanud Adisutjipto Gelar Latihan Pertahanan Pangkalan"

Posting Komentar