Malam ini, Gunung Merapi Erupsi Lagi Dua Kali




SLEMAN –Gunung Merapi kembali memuntahkan material vulkanik sebanyak dua kali, pasca meletus pada Jumat (1/6/2018) pukul 08.24 WIB. Yaitu  pada 20.24 WIB dengan  durasi 1,5 menit tinggi kolom  2500 meter mengarah ke timur laut, dan  pukul 21/00  WIB dengan durasi 56 detik, tinggi kolom  1000  meter .  Untuk status Merapi sendiri masih level II (waspada)


Dalam keterangan tertulis yang disampaikan Pusdalops BPBD Sleman, status aktivitas Merapi saat ini tetap pada Level 2 atau Waspada. Radius tiga kilometer dari puncak direkomendasikan steril dari aktivitas penduduk dan pendakian.

"Masyarakat yang tinggal di KRB (Kawasan Rawan Bencana) III diharap untuk tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap aktivitas Gunung Merapi," demikian keterangan tertulis Pusdalops BPBD Sleman dikutip dari akun Twitter @pusdalopssleman, Jumat (1/6/2018).

Selain itu, masyarakat diminta untuk tidak panik dan tetap beraktivitas seperti biasa serta meningkatkan kewaspadaan. Bila terjadi hujan abu gunakan alat pelindung diri (APD) apabila beraktivitas di luar rumah berupa masker, kacamata, jaket, penutup kepala, dan alas kaki.

"Ikuti arahan petugas yang ada di lapangan bila terjadi situasi darurat, berhati-hati dalam berkendara dan utamakan tertib lalu lintas. Cermati berita dan informasi yang beredar, kenali teliti dan cermati info, sumber, waktu, dan captionnya," tambahnya.

Informasi dari Pusdalop BPBD DIY,  adanya erupsi susulan dua kali Merapi tersebut, warga yang ada di sektor  timur (Glagaharajo)  mulai bergerak ke balai desa , sedangkan  di sektor barat (Turgo) adayang pergi ke titik kumpul SD Sanjaya Tritis.Meski begitu situasi masih aman terkendali.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Malam ini, Gunung Merapi Erupsi Lagi Dua Kali"

Posting Komentar