Obyek Wisata Lereng Merapi Kembali Dibuka






SEMBADA.ID  –Obyek wisata di lereng Merapi,yakni Tlogo Muncar dan Tlogo Nirmolo Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Panguk dan Plunyon,  Kalikuning, Umbulrharjo, Cangkringan,  Deles,Sidorejo, Kemalang, Klaten serta  Jurangjero, Ngargosuko, Srumbung, Magelang yang sempat ditutup pasca erupsi Merapi, 1 Juni lalu,   mulai Senin (11/6/2018) kembali dibuka. 


Kepastian ini setelah  balai tanan nasional gunung Merapi (BTNGM) mengeluarkan surat edara (SE) No 9/BTNGM?TU?Ren/06/2018 tertanggal 8 Juni 2018  tentang pembukaan kembali obyek wisata tersebut per 11 Juni 2018. Dimana SE tersebut ditandatangani kepala BTNGM Ammy Nurwati.


Alasan pembukaan sendiri,  di antaranya untuk aktivitas Merapi padal level II dan untuk radius aman sesuai dengan relomendasi  BPPTKG adalah 3 kilometer dari puncak Merapi.  Atas dasar itu,  maka obyek wisata lereng  Merapi itu dibuka lagi, sebab radiusnya di luar 3 km.  Selain itu, juga adanya libur lebaran.


“Karena itu, maka per 11 Juni obyek wisata lereng Merapi tersebut dibuka kembali,”   terang kepala BTNGM, Ammy Nurwati, seperti dilansir sindonews, Senin (11/6/2018).


Kasi Pengelola Tanam Nasional  wilayah I BTNGM  Nurpana Sulaksana menambahkan meski obyek wisata di lereng Merapi telah dibuka, namum untuk jalur tracking  menuju puncak bukit yang ada di lereng Merapi ditutup. Yaitu  ke bukit Pronojiwo, Plawangan dan Turgo.  


“Penutupan jalur tracking tersebut dilakukan untuk menghindari longsor jika terjadi getaran akibat aktivitas Merapi.  Sebab, jalan setapak itu hanya selebar satu hingga dua meter. Sehingga, akan sulit untuk dimonitoring jika dipaksakan untuk dibuka,” jelasnya.


Kepala Pelaksana BPBD Sleman, Joko Supriyanto mengatakan,  meski obyek wisata tersebut diluar radius 3 km, namun tetap meminta para pelaku wisata  tetap waspada,  termask  tetap harus siap. Terutama dengan menyiapkan saran dan prasarana, termasuk armada dan relawan di tempat tersebut.  Sebab sesuai dengan rekomendasi BPPTKG  gunung Merapi masih berstatus waspada.


“Pengunjung  juga harus  diberikan sosialisasi tentang  keamanan berwisata di tengah situasi Gunung Merapi.   Setidaknya, pengunjung obyek wisata harus paham untuk tetap waspada dan menjaga keselamatan,"  tandas mantan Kepala Sat Pol PP Sleman itu.(sbd)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Obyek Wisata Lereng Merapi Kembali Dibuka"

Posting Komentar