Pemkab Sleman Sidak Makanan Kadaluwarsa





Sekda Sleman Sumadi menunjukkan minuman yang kemasannya rusak saat Sidak Toko Jejaring yang ada di Jalan Kaliurang, Depok, Sleman, Selasa (12/6/2018) sore. Foto sembada.id/rizal

SEMBADA.ID  - Makanan dan minuman kemasan yang dijual di toko jejaring yang ada di Sleman tidak semuanya memenuhi standar. Seperti kemasan rusak dan tidak ada tanggal kadaluwarsanya. Hal itu diketahui saat pemkab Sleman melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di tiga toko jejaring. Dua di Jalan Kaliurang, Depok dan satu di Jalan Kebonagung, Mlati, Sleman, Selasa (12/6/18) sore.

'Hasil sidak makanan dan minuman kami menemukan beberapa produksi kaleng yang penyok, tidak ada nomor registrasi serta tidak tercantum dengan jelas kapan produksi dan kapan kadaluwarsa," kata Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun usai melakukan sidak di toko jejaring, Selasa (12/6/2018).

Muslimatun menjelaskan selain makanan dan minuman dalam kemasan tidak boleh penyok, juga harus mencantumkan kapan produksi dan kadaluwarsa. Sebab dengan kondisi tersebut dikhawatirkan ada jasad renik yang masuk ke dalam makanan dan minuman kemasan tersebut. Hal tersebut tentu akan merugikan konsumen. Untuk itu, selain kemasan tidak boleh rusak, nomor registrasi dan produk makanan yang dipasarkan juga harus  jelas.

"Jika produk yang mengalami kerusakan kemasan dibiarkan, dikhawatirkan dimasuki bakteri yang membahayakan pembeli dan berakibat beberapa masalah seperti halnya gangguan pencernaan dan gangguan hati (liver)," jelasnya.

Menurut Muslimatun, ada beberapa hal yang dapat diperhatikan terhadap produk makanan yaitu tidak boleh berubah bau, warna, dan rasa. Untuk itu dengan adanya beberapa temuan tersebut, sebagai tindaklanjutnya akan melakukan pembinaan secara langsung kepada pemilik toko. Selain itu pemilik toko juga harus melakukan pengembalian produk-produk yang mengalami kerusakan baik secara fisik yang rusak, ataupun produk yang telah melampaui tanggal kadaluwarsa

"Ini yang harus menjadi perhatian," tandasnya.

Sekda Sleman Sumadi menambahkan tujuan kegiatan tersebut sebagai evaluasi dan juga memberikan pembinaan jika terdapat hal-hal hal yang dapat merugikan konsumen.

"Sebetulnya sidak ini bisa menguntungkan pemilik toko ketika semua barangnya baik, itukan artinya bahwa toko tersebut bermutu," tambahnya.(zal)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemkab Sleman Sidak Makanan Kadaluwarsa"

Posting Komentar