Status Gunung Merapi Waspada, Kaliurang Aman Untuk Dikunjungi Wisatawan






Kepala BPBD Sleman Joko Supriyanto (tengah kiri) bersama kepala Dispar Sleman Sudarningsih (tengah  kanan) memberikan penjelasan soal kondisi obyek wisata di Kaliurang, di pemkab setempat, Selasa (5/6/2018)


SEMBADA.ID – Kawasan obyek wisata Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman dinyatakan aman untuk dikunjungi wisatawan.  Sesuai rekomendasi balai penyelidikan dan pengembangan teknologi kebencenaan geologi (BPPTKG) dengan status  waspada  gunung Merapi, radius 3 kilimeter dari puncak Merapi harus seteril. Sedangkan kaliurang jaraknya 7 km. Sehingg bukan  termasuk kawasan yang harus diseterilkan.


“Karena itu kegiatan pariwisata, termasuk acara lain di tempat tersebut masih diperbolehkan,” kata
kepala badan penanggulanan bencana daerah (BPBD) Sleman  Joko Supriyanto soal rencana akan diadakannya festival of  light  di kawasan Gardu Pandang, Kaliurang, 9 Juni-22 Juli 2018, di pemkab setempat,  seperti yang dilansir sindonews,  Selasa (5/6/2018)

Menurut Joko  meski berada dalam radius aman, namun tetap ada antisipasi, jika ada kondisi darurat saat pertunjukkan. Seperti goncangan atau getaran yang dapat membuat pengunjung panik. Karena itu,  pengelola harus menyiapkan jalur dan kendaraan evakuasi serta hal teknis lainnya, termasuk tim relawan maupun mobil evakuasi.

“Kata kuncinya  tetap harus waspada,”  paparnya.

Joko menjelaskan secara umum BPBD Sleman selalu siap, baik personel, kendaraan termasuk tim relawan  di lokasi kegiatan. Termasuk selalu standbye di Pokso Utama BPBD Sleman di Paken,
Hanya saja, semua itu untuk  masyarakat setempat, bukan bagi para pengunjung. Sehingga semua harus disiapkan dengan matang.


“Yang jelas, untuk kawasan Kaliurang, sesuai denga rekomendasi BPPTKG masih aman,” tandas mantan kepala Satpol PP Sleman itu.


Kepala dinas pariwisata (Dispar) Sleman Sudarningsih mengatakan sangat mendukung kegiatan tersebut.  Sebab di Sleman hingga sekarang masih kurang adanya wisata malam.  Diharapkan dengan acara ini akan meningkatkan jumlah wisatawan ke Sleman. Sehingga dapat membawa multiplayer effect bagi masyatakat.


“Saat libur lebaran dan sekolah, kami juga akan mengadakan atraksi kesenian pada malam hari di Tlogo Putri Kaliurang. Tercatat akan ada 11 atraksi, seperti jathilan, reog dan dangdut,”  paparnya.


Perwakilan penyelenggaran  Festival of Light Sigit Iwan mengatakan, kegiatan ini  merupakan kegiatan tahunan dan tahun ini  untuk yang kelima.  Untuk antisipasi terhadap status  gunung Merapi, selain akan menyiapkan sarana dan prasarana untuk keamanan dan keselamatan pengunjung, juga akan berkoordinas dengan BPBD Sleman termasuk mengandeng Satlinmas setempat.


“Kami siap melaksanakan SOP maupun instruksi dari BPBD  dan instansi terkait untuk pelaksanaan festival of light ini,”  ungkapnya. (prista)       

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Status Gunung Merapi Waspada, Kaliurang Aman Untuk Dikunjungi Wisatawan"

Posting Komentar